Pendaftaran Sekolah Staf Presiden Dibuka, Simak Syaratnya di Sini!

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 17 Jun 2022 15:00 WIB
Kawasan Monas
Kantor Staf Presiden membuka pendaftaran Sekolah Staf Presiden. Foto: (Rachman/detikcom)
Jakarta -

Kantor Staf Presiden RI membuka pendaftaran Sekolah Staf Presiden hingga tanggal 29 Juni 2022. Ada 32 kursi yang dibuka untuk Batch 1.

Sekolah Staf Presiden adalah platform inkubator untuk menjadi negarawan masa depan. Program berdurasi 5 hari ini berisi kegiatan penempaan talenta dengan metode kerja strategis, taktis, dan praktis di lingkungan Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Kantor Staf Presiden adalah lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. SDM Kantor Staf Presiden dapat berasal dari Pegawai Negeri Sipil dan Non PNS.

Kantor Staf Presiden dibentuk Presiden untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kelancaran pengendalian program-program prioritas nasional, penyelenggaraan komunikasi politik kepresidenan, serta pengelolaan isu strategis.

Kantor Staf Presiden juga bertanggung jawab atas diseminasi informasi, termasuk penyampaian analisis data dan informasi strategis dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan. Kantor Staf Presiden dapat melakukan fungsi administrasi dan fungsi lain yang ditugaskan Presiden

Kantor Staf Presiden (KSP) memiliki 5 kedeputian dan 5 staf khusus. Deputi dan stafsus KSP mencakup Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi, Bidang Pembangunan Manusia, Staf Khusus Bidang Perekonomian, Staf Khusus Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, dan Staf Khusus Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia.

Sekolah Staf Presiden, juga mencakup kegiatan penguatan kolaborasi, talent scouting, dan pribadi. Peserta juga akan menjalani pelatihan presentasi, diskusi, turun lapangan studi kasus, dan pemetaan masalah.

Peserta Sekolah Staf Presiden juga akan mendapat pengakuan formal dan informal, di samping kesempatan berjejaring dengan afiliasi pakar, jejaring kelembagaan, stakeholders, dan koalisi komunitas.

Dikutip dari laman resmi KSP, berikut syarat hingga jadwal pendaftaran Sekolah Staf Presiden Batch 1:

Syarat Sekolah Staf Presiden Batch 1

  • Usia 17 - 26 tahun
  • Domisili wilayah Jabodetabek
  • Terbuka untuk semua profesi
  • Mendaftar lewat website

Jadwal Pendaftaran Sekolah Staf Presiden Batch 1

  • Pendaftaran: 16 - 29 Juni 2022
  • Seleksi administrasi: 30 Juni - 1 Juli 2022
  • Seleksi wawancara: 7 - 13 Juli 2022
  • Pengumuman peserta: 18 Juli 2022
  • Pelaksanaan: 25 - 29 Juli 2022

Selengkapnya tentang Sekolah Staf Presiden dan pendaftarannya bisa diakses di ksp.go.id/sekolah-staf-presiden.html . Tertarik mendaftar?



Simak Video "Sandiaga Ingin Produk Batik Banyuwangi Miliki Daya Saing"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia