ADVERTISEMENT

6 Kanal Youtube Berisi Video Edukasi untuk Mahasiswa, Sudah Subscribe?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 13 Jun 2022 14:45 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
Foto: Istockphoto/pressureUA/6 Kanal YouTube Edukasi yang Cocok untuk Mahasiswa
Jakarta -

Cara belajar yang mudah saat ini adalah melalui video di media sosial seperti YouTube. Apalagi ada beberapa channel bertema pendidikan yang cocok untuk kalangan mahasiswa. Mulai dari membahas isu terkini, sains, ekonomi, hingga peningkatan soft skill.

Video edukasi di YouTube wajib diikuti oleh mahasiswa. Sebab, orientasi penggunaan media sosial YouTube perlu diubah, yang awalnya sebagai hiburan menjadi video yang bisa meningkatkan skill di masa depan.

Melansir laman Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek dan Universitas Muhammadiyah Gresik, berikut ini daftar kanal YouTube terbaik tentang edukasi untuk mahasiswa.

6 Kanal Youtube Berisi Video Edukasi untuk Mahasiswa:

1. TEDx Talks

Kanal ini menyediakan video seminar yang menghadirkan para pembicara yang inspiratif seperti Bill Gates, Elon Musk, dan lainnya.

Kanal ini sangat cocok untuk mahasiswa karena membahas banyak pengetahuan seperti mengelola stres, cara hidup bahagia, kesuksesan, dan konten motivasi lainnya. Kanal TEDx Talks menjadi sangat wajib diikuti karena ada banyak pengetahuan yang bisa dipelajari mahasiswa melalui video.

2. TED-Ed

TED juga memiliki kanal lain yang mendidik yakni TED-Ed. Kanal ini menyediakan pelajaran dengan video pendidikan dengan animator yang terbaik pilihan TED. Tema yang dibahas beragam seperti teknologi, hiburan, isu global, desain, sains, bisnis, seni, dan lain -lain.

3. Satu Persen

Kanal satu persen adalah startup life school terbesar di Indonesia. Satu persen berisi konten video menarik untuk mahasiswa yang mengajarkan bagaimana cara seseorang dapat berkembang untuk mencapai kehidupan yang layak didapatkan.

Mahasiswa juga akan mempelajari mengenai kemampuan dasar kehidupan, pemahaman diri, hubungan sosial, produktivitas dan karier, serta makna hidup.

4. Hipotesa

Bagi mahasiswa yang menyukai isu terkini seputar sosial, politik, dan ekonomi tentu perlu mengikuti kanal edukasi Hipotesa. Konten video di kanal ini disajikan dengan simpel dan sederhana sehingga sangat mudah untuk dipahami.

5. AsapSCIENCE

Kanal YouTube AsapSCIENCE yang berasal dari luar negeri ini berisikan video penjelasan ilmiah dari berbagai hal menarik yang menjadi perhatian banyak orang.

Konten yang disajikan menjadi semakin menarik karena mengajarkan banyak hal dengan sudut pandang sains.

6. Eza Hazami

Berbeda dengan kanal edukasi sebelumnya, kanal Eza Hazami sangat dibutuhkan mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate. Karena kanal ini banyak membagikan video tips dan trik seputar dunia kerja. Mulai dari info perekrutan kerja, tips interview, perkembangan bisnis, tes psikotes, cara membuat CV yang baik, dan banyak lagi.

Nah, itulah 6 kanal YouTube berisi edukasi yang cocok untuk mahasiswa. detikers sudah subscribe yang mana?



Simak Video "Daebak! BTS Jadi Artis Paling Banyak Ditonton di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia