Kisah Mahasiswa UMN Jadi Data Engineer Perempuan

Sponsored - detikEdu
Sabtu, 21 Mei 2022 15:18 WIB
Veronica Alumni TEknik Komputer UMN
Foto: UMN
Jakarta -

Ternyata sekadar mitos belaka bahwa perempuan hanya mampu berkarier di bidang tertentu. Alumni Teknik Komputer UMN 2015 Veronica Dian Sari mematahkan stereotip itu.

Jurusan teknik komputer kerap kali dilekatkan pada sosok maskulin. Veronica merupakan seorang perempuan yang kini menjadi data engineer di Traveloka. Meskipun anggota timnya didominasi oleh laki-laki, ia mengungkapkan lingkungan kerjanya sangat suportif dan inklusif.

"Di sini kami sebagai perempuan pun diberikan kesempatan yang sama dengan para laki-laki untuk berbagi pendapat dan berdiskusi," jelas Veronica dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5/2022).

Sang ayah merupakan machine and electrical engineer yang telah menginspirasi Veronica untuk menekuni bidang engineering. Ketertarikannya ini muncul sejak ia menduduki bangku SMP dan berlanjut hingga kuliah.

Saat kuliah di UMN, Veronica pun menerima perasaan aman yang sama seperti di lingkungan kerjanya. Mulai dari teman-teman yang suportif hingga dosen yang objektif untuk menilai kemampuan mahasiswa tanpa memandang jenis gendernya.

"Banyak yang bilang Program Studi Teknik tu susah dan hanya laki-laki yang bisa menjalani hal itu. Tetapi menurut saya, mau itu teknik ataupun program studi lain sama saja dan tidak terbatas pada gender tertentu," kata Veronica.

Terbukti Veronica turut berprestasi di Program Studi Teknik Komputer, meski dicap sebagai minoritas perempuan. Ia pernah menerima beasiswa Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) yang mengantarkannya untuk melakukan study visit ke Jerman pada 2019.

Tak hanya itu, Veronica menerima berbagai manfaat lainnya saat berkuliah di UMN. Misalnya, beasiswa biaya pendaftaran dan semester pertama UMN, beasiswa semester untuk 10%, indeks prestasi tertinggi semester 5 dan 7, pelatihan soft skill melalui kegiatan non akademik.

"Kita dapat menjadi apapun yang kita inginkan asal kita mau berusaha dan bekerja keras untuk meraih mimpi itu. Jangan takut untuk masuk ke Teknik Komputer UMN, meskipun saya dulu merupakan minoritas sebagai perempuan," ungkapnya.

Terlebih lagi, pegembangan sistem berbasis komputer memang tengah menjadi kebutuhan dunia saat ini. Peningkatan kebutuhan ini membuka peluang setiap gender untuk berkontribusi di dalam perbaikan kualitas hidup masyarakat dunia. Menurut Veronica, hal ini turut menjadi dasar motivasinya untuk menggeluti bidang engineering.

Program Studi Teknik Komputer UMN fokus membekali mahasiswa dengan pengetahuan akan software dan programming, baik dalam bentuk web maupun mobile. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan akan Cloud, Network and Security, Hardware, dan kurikulum terkini.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/UMN)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia