Jadi YouTuber Matematika, Dosen ITB Ini Punya 100 ribu Subscriber

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 11 Mei 2022 19:00 WIB
Aleams Barra
Dosen Youtuber Matematika ITB. Foto: ITB
Jakarta -

Aleams Barra, dosen matematika di Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mendapatkan penghargaan Paling Youtuber.

Penghargaan itu ia dapatkan saat perayaan dies natalis FMIPA ITB.

"Saya melihat penghargaan yang diberikan ini bukan sebagai sesuatu yang formal tapi dalam rangka memeriahkan acara. Juga disaat bersamaan untuk memberikan validasi terhadap prestasi yang dicapai dosen," cerita Barra kepada detikEdu, Rabu (11/5/2022).

Barra sendiri telah terjun ke YouTube sejak tahun 2008. Namun channel yang ia buat yaitu Bermatematika.com, dicetuskan pada tahun 2016 lalu.

"Sudah sejak awal saya melihat potensi youTube yang sangat besar untuk berbagi pengetahuan yang kita miliki. Ketika saya memulai channel Bermatematika tahun 2016," ujar Barra.

Awal Mula Lahirnya Bermatematika

Menurut Barra tujuannya membuat channel YouTube yaitu ingin mencoba menerapkan metode pembelajaran perkuliahan dengan bentuk lain seperti video. Video-video tersebut lalu ia bawa ke kelas untuk latihan dan diskusi bersama.

"Selain memudahkan mahasiswa, saya juga ingin mengenalkan matematika dengan cara yang menyenangkan dan berbeda dari yang masyarakat awam pikirkan," papar Barra.

"Biasanya orang awam mengira matematika ini hanya hitung-menghitung. Ini tidak sepenuhnya benar karena matematika memiliki banyak aspek," tambah Barra.

Banyak aspek matematika yang menarik seperti bermain, kreatif, dan menyelesaikan masalah. Menurutnya melalui YouTube, ia memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengenalkan perspektif baru matematika ke banyak orang.

Barra bercerita pembuatan channel Bermatematika awalnya memfokuskan materi matematika di tingkat kuliah atau lebih lanjut. Namun komentar dari masyarakat kurang memuaskan.

"Saya rasa itu karena belum banyak penonton yang tidak memiliki latar belakang matematika. Sebab itu saya membuat materi matematika yang lebih terjangkau agar dimengerti banyak orang," ujar Barra.

Ia berharap agar orang-orang dapat menikmati bahasan matematika melalui channelnya. Menurutnya matematika bisa dibilang unik. Ia sering membayangkan seorang matematikawan yang hanya memiliki satu fakta sederhana bisa mencapai suatu kesimpulan yang luar biasa.

"Saya berharap bahwa video yang telah dan akan saya buat menjadi bagian dari usaha agar lebih mudah disukai orang-orang," papar Barra.



Simak Video "Berkibarnya Spanduk 'Maaf, SBM ITB Tidak Terima Mahasiswa Baru Lagi'"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia