Hebat! 2 Siswa Madrasah Jadi Juara Kompetisi Matematika Dunia WMT 2022

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 10 Mei 2022 13:30 WIB
Siswa menang olimpiade matematika
Siswa MAN juara olimpiade matematika. Foto: MAN 2 Kota Malang.
Jakarta -

Kabar baik! Prestasi kembali diukir oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Kali ini dua siswa MAN 2 Malang berhasil mengukir prestasi internasional. Kedua siswa tersebut adalah Muhammad Jilan Wicaksono dan Wildan Bagus Wicaksono.

Mereka merupakan siswa tahun ketiga jurusan IPA yang berhasil meraih juara tiga di World Mathematics Tournament (WMT) tahun 2022.

"Alhamdulillah, dua siswa MAN 2 Kota Malang kembali mengharumkan nama MAN 2 Kota Malang di kancah dunia pada bidang Matematika," kata Kepala MAN 2 Kota Malang Muhammad Husnan yang dikutip dari laman Kemenag.

"Kami baru saja menerima pengumuman bahwa keduanya meraih juara 3 WMT tahun 2022," lanjut Husnan.

Atas raihan tersebut, Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Humas Yoga Thohir memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada kedua siswa yang berprestasi.

Yoga juga menjelaskan jika World Mathematics Tournament merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara daring. Kompetisi ini dilakukan pada bulan April 2022 yang diikuti siwa terbaik seluruh dunia.

"Tahap final berlangsung pada akhir April menjelang Lebaran. Puasa tidak menghalangi keduanya untuk berprestasi. Bravo. Selamat untuk kalian berdua. Indonesia, khususnya madrasah bangga padamu," ujar Yoga Thohir.

Sekilas Tentang MAN 2 Kota Malang

Menurut data 1000 sekolah terbaik LTMPT, madrasah ini mendapatkan peringkat 35 nasional sebagai sekolah terbaik di Indonesia dan ranking 4 provinsi Jawa Timur. Total nilai yang diraih yaitu 592, 212.

Total nilai potensi skolastik yaitu 621,709 dan mendapatkan ranking 30. Untuk TKA Saintek 603,397 mendapatkan ranking 21, dan untuk TKA Soshum yaitu 611,536 mendapatkan ranking 60.

Bagaimana detikers menginspirasi bukan prestasi yang diraih siswa MAN 2 Kota Malang?



Simak Video "Tiga Ruang Kelas SD di Grobogan Rusak Parah, Siswa Ujian di Teras"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia