6 Pekerjaan Online Sampingan yang Cocok buat Mahasiswa, Berani Coba?

Kristina - detikEdu
Rabu, 02 Mar 2022 14:15 WIB
penulis skenario
Ilustrasi pekerjaan online sampingan yang cocok buat mahasiswa. Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Ada sejumlah pekerjaan online yang bisa dilakukan mahasiswa sambil kuliah. Selain hanya bermodalkan kuota internet, jam kerjanya juga fleksibel.

Kuliah sambil bekerja bukanlah hal baru di kalangan mahasiswa. Banyak penelitian telah mengkaji motivasi hingga dampak mahasiswa yang melakukan aktivitas tersebut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal MEDIAPSI menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalani kuliah sambil bekerja telah melakukan penyesuaian diri dalam kehidupannya. Mereka melakukan penyesuaian dari sisi emosional dan kognitif.

Meski demikian, mahasiswa juga harus pandai dalam memilih pekerjaan agar kuliahnya tidak dikesampingkan. Salah satunya dapat memilih pekerjaan online dengan jam dan lokasi kerja yang fleksibel. Berikut informasinya:

Pekerjaan Online Sampingan buat Mahasiswa

1. Desainer Web

Mahasiswa yang kuliah di jurusan information technology (IT) atau sistem informasi maupun yang memiliki pengetahuan tentang website tidak ada salahnya mengambil desainer website sebagai pekerjaan online sampingan.

Profesi ini dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Melansir Quipper Campus, seorang desainer web bertugas untuk merancang layout secara visual dan mengkonversinya untuk bisa dijalankan di web browser. Pekerjaan ini membutuhkan ide-ide kreatif.

2. Admin Media Sosial

Banyaknya bisnis di media sosial secara otomatis membutuhkan peran seorang admin. Umumnya, para admin bertugas untuk mengelola media sosial, mulai dari memproduksi konten, mengunggahnya, hingga melayani pelanggan.

3. Content Creator

Content creator juga dapat menjadi pekerjaan yang cocok buat mahasiswa. Dalam artikel detikEdu sebelumnya, peluang pekerjaan ini semakin besar seiring perkembangan dunia digital.

detikers dapat membuat konten yang banyak diminati oleh mahasiswa, seperti tips meraih beasiswa, tips kuliah sambil bekerja, dan sebagainya. Konten-konten tersebut dapat dibagikan melalui media, blog, maupun YouTube.

Selain itu, detikers juga bisa melamar ke perusahaan rintisan yang sedang membuka lowongan untuk content creator.

4. Penulis Lepas

Mahasiswa jurusan sastra, bahasa Indonesia, atau yang memiliki hobi menulis bisa memanfaatkannya untuk menjadi seorang penulis lepas. Pekerjaan ini juga terhitung fleksibel karena dapat dilakukan di mana saja.

Seorang penulis lepas dapat bekerja untuk media massa maupun perusahaan rintisan yang membutuhkan content writer. Caranya cukup mudah, detikers hanya perlu mengirimkan tulisan ke berbagai media, baik esai hingga opini.

5. Desainer Grafis

Pekerjaan online lainnya yang cocok untuk mahasiswa adalah menjadi desainer grafis. Profesi ini membutuhkan ide-ide kreatif dan keterampilan dalam mengoperasikan perangkat lunak.

Secara umum, tugas seorang desainer grafis adalah membuat konsep visual (ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion) baik secara fisik maupun yang dituangkan dalam software.

6. Bisnis Online

Bisnis online juga bisa menjadi rekomendasi pekerjaan sampingan yang bagus untuk mahasiswa. Menurut data We Are Social per April 2021 lalu, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara pengguna e-commerce tertinggi di dunia. Tercatat 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan e-commerce dalam membeli produk.

Hal tersebut dapat menjadi peluang buat mahasiswa untuk mencoba bisnis online. Selain dapat dilakukan dengan fleksibel, target pasar juga sudah tersedia. Berani coba tidak detikers?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia