Indonesia Juara BATC 2022, Ini Profil Kapten Tim Putri Gregoria Mariska

Kristina - detikEdu
Minggu, 20 Feb 2022 18:24 WIB
Indonesias Gregoria Mariska Tunjung competes against Myanmars Thuzar Thet Htar during their womens singles badminton matchat the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Gregoria Mariska Tunjung. Foto: AP/Markus Schreiber
Jakarta -

Tim badminton putri Indonesia membawa kemenangan di Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022, Minggu (20/2/2022). Gregoria Mariska Tunjung menang 21-9, 21-10 melawan Sim Yu Jin di partai pembuka.

Diberitakan detikSport, kemenangan Indonesia dipastikan oleh Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. Mereka menang 23-21, 21-11 atas Kim Min Ji/Park Min Jeong di partai keempat.

Kapten tim, Gregoria Mariska Tunjung, tampil moncer di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia. Dia tampil sebagai tunggal pertama dalam waktu 26 menit. Sepak terjang Gregoria Mariska Tunjung sudah tidak diragukan lagi.

Gregoria beberapa kali meraih juara tingkat lokal sebelum berhasil di level internasional. Keberhasilannya tak lepas dari minat dan semangat yang besar pada badminton sejak duduk di sekolah dasar. Apalagi sekolahnya sangat bersemangat pada usaha pembinaan bulu tangkis.

"Kita selalu memperoleh hasil baik saat berkompetisi dengan sekolah lain. Jadi badminton sudah seperti bagian dari hidup saya. Kadang fokusnya lebih besar pada badminton dibanding sekolah," ujar Gregoria dalam video yang diunggah Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Dalam postingan di channel YouTube BWF TV tersebut, Gregoria tak segan pindah kota sehingga bisa berlatih lebih baik. Dari Wonogiri, Gregoria pindah ke Jawa Barat untuk bergabung dengan klub PB Mutiara Cardinal Bandung sejak usia 9 tahun.

Sejak saat itu, bulu tangkis makin tak terpisahkan dengan hidup dara 23 tahun ini. Dalam video yang diunggah pada 2007 tersebut, Gregoria masih belajar dan melanjutkan pendidikan. Namun proses edukasi tidak berlangsung di sekolah, yang mirip sistem homeschooling.

"Saya masih belajar, tapi tidak di kelas dalam sekolah. Jika ditanya fokus saat ini, saya lebih berkonsentrasi pada badminton daripada sekolah. Untuk sekarang ya," ujar Gregoria yang memiliki pukulan tidak mudak ditebak, sehingga sering menyulitkan lawan-lawannya.

Dengan usaha keras tersebut, Gregoria berhasil mendapat hasil yang memuaskan. Buat yang penasaran, berikut biodata lengkap sang atlet badminton dikutip dari situs PBSI

Profil Gregoria Mariska Tunjung

1. Nama : Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih

2. Panggilan : Grego

3. Tempat/Tanggal Lahir : Wonogiri, 11 Agustus 1999

4. Tinggi/Berat : 165 cm/ 59 kg

5. Asal Klub : PB Mutiara Cardinal Bandung

6. Rangking Nasional/Rangking Dunia : 7/22

7. Prestasi :

  • Juara Dunia Junior 2017
  • Juara BTY Junior International Challenge 2017
  • Juara Finnish Open 2018.


Simak Video "Ogah Cuma Jadi Pajangan, Taufik Hidayat Mundur dari PBSI"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia