5 Tips Manajemen Waktu agar 24 Jam Tak Terasa Kurang, Pelajar Bisa Tiru Nih

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 13:00 WIB
Round wall clock between wooden kitchen shelves showing time
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ayman-Alakhras
Jakarta -

Manajemen waktu yang efektif adalah kunci dari produktivitas. Apalagi, kini banyak orang, tak terkecuali pelajar dan mahasiswa, mengeluhkan waktu 24 yang terasa kurang.

Namun sebaliknya, banyak pula orang yang merasa kelebihan waktu luang. Pada akhirnya, orang-orang yang mengalami hal ini bisa membuang waktunya untuk hal sia-sia.

Bagi kedua tipe di atas, pemanfaatan waktu yang bijaksana akan mendorong capaian rencana secara maksimal dan menghasilkan hal-hal berguna. Oleh karena itu, simak beberapa tips manajemen waktu menurut laman Itjen Kemendikbudristek yang bisa pelajar atau siapa pun terapkan.

5 Tips Manajemen Waktu

1. Menentukan Aktivitas Paling Penting

Tips pertama adalah, kalian bisa menentukan kegiatan prioritas dan berdampak untuk diri sendiri. Jika ada dua atau lebih kegiatan yang bersinggungan, kalian bisa mengorbankan yang lain di atas yang lebih penting.

2. Tulis Jadwal Kegiatan

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan bisa membuat kalian lupa beberapa di antaranya. Untuk itu, lebih baik mencatat hal-hal yang harus dikerjakan dalam sehari di aplikasi, buku catatan, atau apa saja. Usahakan juga agar tempat kalian mencatat ini adalah benda yang kerap berada di dekat kalian.

3. Sediakan Waktu Beristirahat

Manfaatkan waktu istirahat di akhir pekan atau di hari libur kalian. Sebaik mungkin menggunakan waktu ini untuk relaksasi pikiran dan fisik. Lakukan hal-hal yang dapat membuat kalian bahagia dan tidak membebani.

4. Asah Kompetensi atau Keterampilan Sehari-hari

Meski terlihat biasa saja, kegiatan seperti mencuci, memasak, berkebun, bersih-bersih, dan yang lainnya dapat mengasah keterampilan sehari-hari kalian. Selain itu, waktu yang ada juga dapat dialokasikan untuk mengasah hobi atau kemampuan lainnya.

5. Gunakan Waktu Luang dengan Baik

Waktu luang bisa kalian manfaatkan untuk kegiatan pengembangan diri seperti membaca buku, bahkan mencicil tugas. Dengan begitu, waktu luang pun bisa membawa manfaat dan tidak tersia-sia oleh kegiatan yang kurang berdampak positif untuk diri sendiri.

Inilah beberapa tips manajemen waktu yang dapat detikers lakukan agar 24 jam tidak terasa kurang. Bisa segera dicoba ya!



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli HP Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia