5 Universitas dengan Mahasiswa Terbanyak di Dunia, Nomor Satu dari Asia

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 25 Des 2021 18:00 WIB
Anadolu University, Turki
Anadolu University, Turki, salah satu universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat, tingginya tingkat siswa yang lanjut studi ke perguruan tinggi merupakan indikator untuk mengukur kualitas sumber daya manusia di suatu negara.

Data Kemendikbudristek 2020 mendapati, sebanyak 8,4 juta mahasiswa terdaftar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Apakah detikers tahu, ada universitas di dunia yang punya jumlah mahasiswa lebih dari setengah total mahasiswa di Indonesia?

Universitas Terbuka (UT) tercatat sebagai universitas dengan mahasiswa terbanyak di Indonesia. Dengan pencapaian se-Indonesia saja, UT mencatat ada 17.072 mahasiswa terdaftar dalam program diploma dan 1.021.808 mahasiswa menjalani program sarjana.

Sementara di dunia, universitas yang memiliki jumlah pendaftar mahasiswa terbanyak adalah Universitas Terbuka di India (Indira Gandhi National Open University) dengan 4,9 juta mahasiswa. Berikut daftar lengkap universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia.

Universitas dengan Mahasiswa Terbanyak di Dunia

1. Indira Gandhi National Open University, India


Kampus di Delhi, India ini punya sekitar 4,9 juta mahasiswa, seperti dikutip dari World Atlas. Dengan cabang baru di Kerala, universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia ini bisa punya lebih banyak lagi pendaftar.

Jumlah pendaftaran yang tinggi setiap tahun di kampus ini dimungkinkan dengan sistem universitas terbuka seperti di Indonesia dan pembelajaran jarak jauh. Kurikulum Indira Gandhi National Open University mendukung mahasiswa untuk riset, mengajar, mengikuti kelas di luar jam normal, dan menjalani pelatihan.

2. California Community College System, Amerika Serikat

Jejaring kampus vokasi ini berdiri sekitar awal tahun 1900-an. Pendiriannya bermula saat pemerintah di California, Amerika Serikat menilai, perlu ada sistem akademik baru dan sekolah vokasi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja setempat.

Kini, jejaring perguruan tinggi tersebut terdiri dari 114 college atau perguruan tinggi vokasi. Sebanyak 2,1 juta mahasiswa di jaringan kampusnya membuat California Community College System menduduki peringkat kedua kampus dengan mahasiswa terbanyak di dunia.

3. Bangladesh National University, Bangladesh

Bangladesh National University di Gazipur, Dhaka ini punya lebih dari 2 juta mahasiswa di kampus utama dan cabangnya di berbagai wilayah Bangladesh. Mahasiswa universitas negeri ini terbagi di jenjang program sarjana, pascasarjana, sampai doktoral.

Universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia peringkat ketiga ini punya beragam jurusan di berbagai rumpun ilmu, seperti ilmu sosial, sains, humaniora, bahasa, ilmu matematika, pendidikan, administrasi bisnis dan perdagangan, hukum, teknologi komputer, sampai biologi.

4. Anadolu University, Turki

Universitas di Eskisehir dan Eylull, Turki ini punya lebih dari 1,9 juta mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa reguler dan mahasiswa pembelajaran jarak jauh.

Kampus global ini mengusung sistem pendidikan berbasis teknologi kelas dunia. Dari 14 fakultas di Anadolu University, ada 3 program yang menawarkan open and distance learning.

5. Islamic Azad University, Iran

Universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia peringkat lima ini punya lebih dari 1,5 mahasiswa. Namun, berbeda dengan California Community College System, Islamic Azad University merupakan jejaring kampus swasta.

Islamic Azad University berdiri sejak tahun 1982. Jejaring universitas di Iran ini tersebar di 31 lokasi di berbagai negara, termasuk di Uni Emirat Arab, Libanon, Afghanistan, sampai Britania Raya.

Nah, itu dia daftar universitas dengan mahasiswa terbanyak di dunia. Dengan banyaknya pejuang pendidikan tinggi di dunia semoga bisa memotivasi juga pendidikan di Indonesia, ya!





Simak Video "Jelang Demo, Lalin di Kawasan Patung Kuda Masih Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia