Cegah Longsor, Pemuda Muhammadiyah-Pemkab Tanam 110 Ribu Pohon di Temanggung

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 15 Des 2021 07:00 WIB
PP Muhammadiyah dan Pemkab Temanggung Tanam Pohon
PP Muhammadiyah dan Pemkab Temanggung dalam momen gerakan menanam 110 ribu pohon. (Foto: Dok. PP Muhammadiyah)
Jakarta -

Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah bersama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung dan masyarakat sekitar mendorong gerakan konservasi alam dengan menanam ratusan ribu pohon. Tercatat, ada sekitar 110 ribu pohon yang berhasil ditanam di lereng gunung wilayah Temanggung pada Selasa (14/12/2021).

Seratus ribu batang bibit pohon dalam konservasi ini, terdiri dari tiga jenis bibit pohon dengan rincian 70 ribu batang bibit pohon bambu, 20 ribu batang bibit pohon beringin, dan 20 ribu batang bibit pohon aren.

Menurut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto, gerakan ini ditujukan sebagai bentuk tindak lanjut gerakan 'Satu Kader, Satu Pohon' oleh pihaknya. Sekaligus pelaksanaan dari program Pemkab Temanggung yang bernama Gerakan Sabuk Gunung.

"Pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Temanggung melaksanakan selaras dengan gerakan 'satu kader, satu pohon' yang saya canangkan di Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu," kata Cak Nanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Selasa (14/12/2021).

Cak Nanto juga mengungkapkan, gerakan ini sebagai wujud komitmen dari Pemuda Muhammadiyah. Utamanya dalam bidang ekologi dan lingkungan hidup.

"Gerakan ini merupakan wujud komitmen kami Pemuda Muhammadiyah dalam rangka mengarusutamakan ekologi dan lingkungan hidup terutama terkait dengan keberadaan pohon sebagai simbol sekaligus alat revitalisasi alam kita," kata dia.

Melalui gerakan ini pula, Cak Nanto berharap apa yang telah dilakukan Pemuda Muhammadiyah wilayah Jawa Tengah ini dapat memotivasi daerah lainnya. Hal inilah yang disebutnya sebagai wadah untuk melakukan dakwah ekologi Pemuda Muhammadiyah.

"Ikhtiar ini juga merupakan bagian dari dakwah ekologi Pemuda Muhammadiyah. Dan juga merupakan kewajiban kita sebagai khalifatullah fil 'ardh dalam menjaga lingkungan (antroposentrisme)," paparnya.

"Semoga giat dakwah semacam ini mampu menghasilkan resonansi positif bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah di penjuru negeri ini. Pemuda Muhammadiyah, mari merawat alam menebar manfaat," sambung dia lagi.

Untuk diketahui, Gerakan Sabuk Gunung dari Pemkab Temanggung adalah gerakan konservasi penanaman ratusan ribu batang pohon di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu. Gerakan ini ditujukan menyelamatkan mata air, mencegah longsor, hingga bencana alam lainnya di kawasan Jawa Tengah.

Gerakan ini juga disebut-sebut selaras dengan gerakan 'Satu Kader, Satu Pohon' yang dicanangkan oleh PP Pemuda Muhammadiyah pada Juni 2021 lalu.



Simak Video "Penampakan Jalan Pingit-Sumowono Temanggung Terputus Akibat Longsor"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia