Disabilitas Bukan Halangan, Deretan Tokoh Ini Buktikan Bisa Menginspirasi

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 07 Des 2021 19:33 WIB
LONDON - NOVEMBER 2:  Scientist Stephen Hawking reads out names during a vigil at Trafalgar Square at which a list of names of people killed in the Iraq war is read out November 2, 2004 in London. The vigil, organized by Stop the War Coalition is to coincide with similar events throughout the world on the day of the United States presidential election.  (Photo by Ian Waldie/Getty Images)
Stephen Hawking/Foto: Getty Images
Jakarta -

Disabilitas bukan menjadi halangan seseorang untuk berkarya dan menginspirasi orang lain. Di balik keterbatasannya, mereka dapat menunjukkan bakat dan inovasi bagi orang-orang di sekitarnya.

Kira-kira siapa saja tokoh dunia yang memiliki disabilitas dan menginspirasi banyak orang? Simak penjelasan berikut ya!

1. Nick Vujicic

Motivator Nick Vujicic lahir pada tahun 1982 dengan anggota tubuh yang tidak sempurna. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat Nick. Nick juga kerap mengalami diskriminasi buruk, bahkan prasangka tersebut juga didapat dari ayahnya. Sang ayah meragukan kemampuan Nick untuk menjalani hidup dengan kondisi tersebut.

Namun Nick berhasil membuktikan dirinya. Ia menulis beberapa buku untuk memberikan dukungan bagi orang-orang yang bernasib sama dengan dirinya. Semangat Nick yang tidak mudah menyerah dan berdamai dengan keadaan, patut kalian contoh ya detikers!

2. Stephen Hawking

Ilmuwan ternama Stephen Hawking didiagnosis menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ASL) ketika dirinya masih berusia 21 tahun. Sindrom tersebut membuat dirinya lumpuh dan fungsi gerak tubuhnya terganggu.

Bahkan Stephen diprediksi hanya dapat bertahan selama lima tahun karena tidak mampu berjalan. Namun Stephen tidak patah semangat. Ilmuwan penyandang disabilitas ini membuka banyak rahasia alam semesta.

Ia menuliskannya dalam buku yang berjudul A Brief History of Time. Buku tersebut dapat membantu orang-orang untuk lebih memahami sains.

3. Stevie Wonder

LOS ANGELES, CA - DECEMBER 03:  Musician Stevie Wonder attends the premiere Of Universal Pictures' LOS ANGELES, CA - DECEMBER 03: Musician Stevie Wonder attends the premiere Of Universal Pictures' "Sing" on December 3, 2016 in Los Angeles, California. (Photo by Frederick M. Brown/Getty Images) Foto: Frederick M. Brown/Getty Images

Stevie Wonder adalah musisi paling berpengaruh di dunia. Walaupun memiliki kondisi fisik yang tidak sempurna, Stevie tetap dapat menciptakan lagu hits dari generasi ke generasi. Musiknya juga selalu laris di pasaran.

Stevie Wonder mengalami kebutaan sejak usia dini. Hal tersebut dikarenakan ia terlahir premature yang membuat pembuluh darah di bagian belakang matanya terganggu.

Stevie berhasil membuktikan jika kekurangan fisik bukanlah batasan seseorang dalam berkarya buktinya sukses menghasilkan karya lagu dan berhasil menyabet banyak penghargaan musik.

4. Anthony Robles

Anthony Robles adalah seorang pegulat disabilitas. Anthony memenangkan kejuaraan gulat ketika masih bersekolah. Puncak keberhasilan Anthony adalah saat berhasil mengalahkan Matt McDonough pada kompetisi gulat nasional di National Collegiate Athletic Association (NCAA).

Itulah deretan tokoh disabilitas yang menginspirasi banyak orang di tengah keterbatasannya. Semoga dapat menginspirasi detikers ya!

Selengkapnya dapat dibaca di SINI.



Simak Video "Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia