Profil Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia Lulusan Yeungnam University

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 07:30 WIB
Timnas U-23, Shin Tae-yong
Foto: dok PSSI/Profil Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia Lulusan Yeungnam University Korea Selatan
Jakarta -

Shin Tae Yong merupakan pelatih tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia berkebangsaan Korea Selatan. Di tangan pelatih ini, tim sepak bola Indonesia berhasil naik 10 peringkat dalam daftar negara-negara FIFA.

Karier Shin Tae-yong dalam dunia sepak bola bukan hal baru, karena sederet prestasi pernah diraihnya sebelum menangani timnas Indonesia. Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga merupakan alumni dari salah satu kampus ternama di Korea Selatan.

Untuk mengetahui berbagai prestasi tersebut, simak fakta lengkapnya berikut:

Profil Shin Tae Yong pelatih Timnas Indonesia

1. Lulusan Universitas Yeungnam

Siapa sangka jika pelatih timnas sepak bola Indonesia saat ini merupakan pelatih dengan latar belakang pendidikan yang tinggi.

Dikutip dari edurank.org, Shin Tae-yong tercatat sebagai lulusan Universitas Yeungnam, Korea Selatan. Kampus ini memiliki peringkat ke-1138 di dunia, 248 di Asia, dan 27 di Korea Selatan oleh keunggulan alumni agregat.

Prestasi sebagai lulusan Universitas Yeungnam membuat Shin Tae-yong disandingkan dengan beberapa alumni sukses seperti penyanyi Park So-jin, aktor Lee Hee-joon, hingga politisi Cho Won-jin.

2. Karier sebagai pemain

Mengutip data Transfermarkt, Tae-yong merupakan pelatih kelahiran Yeongdeok, Korea Selatan, kelahiran 1970 dan pernah aktif sebagai pemain sepakbola profesional.

Tae-yong memulai karier sepak bola di klub Seongnam Ilhwa (kini bernama Seongnam FC) sejak tahun 1992 hingga 2005. Setelah itu, pindah ke klub Australia, Queensland Roar (kini menjadi Brisbane Roar), dan pensiun di sana.

3. Karier kepelatihan

Tidak lama setelah gantung sepatu, Tae-yong memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten manajer di Queensland Roar mulai 2005 hingga 2008.

Pada tahun 2010, baru ia memutuskan kembali ke Korea Selatan untuk menjadi manajer Seongnam Ilhwa.

Bersama klub berjuluk The Magpies itu, Tae-yong berhasil menorehkan prestasi dengan mempersembahkan Liga Champions Asia di tahun 2010. Kemudian setahun berikutnya, ia membawa Seongnam menjadi kampiun Piala Korea.

Pada tahun 2014, Shin Tae Yong dipilih menjadi pelatih timnas Korea Selatan U-23 dan 5 tahun berselang pada 2019 ia menjadi juru taktik Timnas Indonesia.



Simak Video "Timnas Indonesia Karantina Cuma 5 Hari, Ini Alasan Ketum PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia