15 Ucapan Hari Pahlawan Nasional yang Cocok Dijadikan Caption di Media Sosial

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 09 Nov 2021 15:30 WIB
Hari Pahlawan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Agus Supriyatna/15 Ucapan Hari Pahlawan Nasional yang Cocok Dijadikan Caption di Media Sosial
Jakarta -

Hari Pahlawan tanggal 10 November merupakan momen yang perlu dirayakan segenap bangsa Indonesia. Agenda ini bermula dari pertempuran di Surabaya tahun 1945, pasca proklamasi kemerdekaan RI.

Pada tahun ini, pemerintah menetapkan tema 'Pahlawanku Inspirasiku'. Logo bergambar tangan yang menggenggam bambu runcing disertai kibaran bendera Indonesia juga telah ditetapkan.

Untuk melengkapi peringatan ini, detikers dapat mengunggah ucapan Hari Pahlawan Nasional yang menarik. Untuk itu, detikEdu telah merangkumnya untuk kalian dari berbagai sumber.

15 Ucapan Hari Pahlawan Nasional

  • 1. "Kepahlawanan masa kini bukanlah angkat senjata, namun memberi kontribusi nyata untuk menjaga dan menjadikan lingkungan kita lebih baik," tulis Informasi dan Komunikasi PMK di akun Twitternya.
  • 2. "Pahlawan yang setia itu berkorban bukan untuk dikenal namanya. Tetapi semata-mata membela cita-cita," kata Mohammad Hatta.
  • 3. "Selama benteng-benteng yang ada dalam dirimu masih mempunyai darah merah yang dapat membuat secarik kain putih menjadi merah putih. Selama itu kita tidak akan pernah menyerah untuk siapapun itu," kata Soekarno.
  • 4. "Semua orang bisa menjadi pahlawan di era kekinian. Syaratnya, memiliki semangat dan perjuangan yang luar biasa dalam mengabdikan diri melalui profesi masing-masing secara bertanggung jawab untuk kebaikan bangsa dan negara @KhofifahIP," tulis Pemprov Jawa Timur.
  • 5. "Pada mereka yang telah berjasa pada bangsa dan negara, Ibu Kota tak hanya mengirimkan doa dan hening cipta, kita berikan penghormatan pada para pahlawan bangsa. Selamat Hari Pahlawan!" tulis Anies Baswedan pada peringatan Hari Pahlawan 2019.
  • 6. "Mari sejenak mengheningkan cipta, mengenang jasa para Pahlawan Bangsa dan para Pahlawan tanpa nama yang mengajarkan makna keikhlasan dalam berjuang," tulis KBRI Mexico City.
  • 7. "Para pembebas telah pergi mendahului. Teriring tumpah darah dan peluh sengal pertempuran. Mereka hibahkan kemerdekaan negeri. Untuk anak cucu meneruskan bakti. Terima kasih para pahlawan negeri!" tulis Wahid Foundation.
  • 8. "Kita adalah bangsa pejuang, kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan 'saya kalah'," tulis Kejati Lampung.
  • 9. "Selamat Hari Pahlawan, teman-teman! Jangan lupa kalau kamu juga bisa jadi pahlawan untuk orang sekitarmu. Yuk, jadi pahlawan untuk sesama di masa pandemi ini!" tulis Pemprov DKI Jakarta pada peringatan Hari Pahlawan 2020.
  • 10. "Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang oleh kita semua. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020," ucap Dirjen Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto seperti dikutip dari Kemdikbud pada Selasa (09/11/2021).
  • 11. "Kami sanggup dan berjanji bertempur terus hingga cita-cita tercapai," pesan I Gusti Ngurah Rai.
  • 12. "Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata 'aku tidak dapat!' melenyapkan rasa berani. Kalimat 'aku mau!' membuat kita mudah mendaki puncak gunung," pesan R.A Kartini.
  • 13. "Saya percaya kita sanggup melakukannya seperti yang dikatakan Bung Tomo, selama Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih. Maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga. Kita tidak boleh menyerah dan tidak boleh lelah untuk mencintai Indonesia dengan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia," kata Sri Mulyani pada peringatan Hari Pahlawan 2017.
  • 14. "Selamat Hari Pahlawan. Terlangitkan doa, semoga para pahlawan Indonesia mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Pengorbanan mereka inspirasi pahlawan masa kini untuk terus mewujudkan cita-cita Indonesia Maju. #SahabatReligi Pahlawan Masa Kini," tulis Kementerian Agama RI pada peringatan Hari Pahlawan 2019.
  • 15. "Selamat Hari Pahlawan! Jadilah Pahlawan Masa Kini, dengan menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara, yang dimulai dari diri sendiri," tulis akun Twitter Universitas Indonesia pada peringatan Hari Pahlawan 2019.

Itulah sederet ucapan Hari Pahlawan yang bisa detikers jadikan caption media sosial. Semoga kita bisa memaknainya sebaik mungkin, ya!



Simak Video "Penjelasan Kapolsek Pesanggrahan soal Anggotanya Diteriaki 'Begal' "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia