Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan ala Pakar Universitas Brawijaya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 05 Nov 2021 13:45 WIB
Closeup girl is scratching her hand with nails. Reddened, inflamed body parts causes discomfort and itching. Young woman is suffering from bouts of allergies. Dermatological skin diseases concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_
Jakarta - Ketika masuk musim hujan, menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar penyakit tidak mudah datang. Termasuk menjaga kesehatan kulit yang disebabkan oleh genangan air hujan.

Memasuki musim hujan, masyarakat tidak hanya harus waspada akan timbulnya penyakit akibat genangan air, namun juga penyakit yang mengintai kesehatan kulit.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (Unibraw), Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp.KK(K) mengatakan, masyarakat perlu waspada dengan timbulnya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Terapkan Tiga Kunci Penting

Menurut Dhelya, untuk menjaga kesehatan kulit di kala musim hujan ada tiga kunci penting yakni melembabkan, melindungi, dan membersihkan.

"Intinya perawatan kulit dasar untuk melembabkan, melindungi, dan membersihkan. Musim hujan dapat mengganggu kesehatan kulit wajah, terutama bagi kulit berminyak," terangnya dikutip dari laman resmi Unibraw, Jumat (5/11/2021).

Hal ini, imbuh Dhelya, karena udara lembab saat musim hujan dapat membuat wajah terlihat kusam dan timbul jerawat.

"Udara dingin pada musim hujan membuat tidak merasa haus karena tidak merasa gerah, tapi penguapan pada kulit tetap terjadi," jelasnya.

Pahami Jenis Penyakit yang Bisa Menyerang

Dhelya juga menerangkan beberapa penyakit kulit pada musim hujan yang harus diketahui. Di antaranya ada kutu air, eksim, jamur, infeksi kuku atau gigitan serangga.

Penyakit kulit tersebut tidak hanya pada kulit wajah, tapi juga bisa menyerang kulit di sekujur tubuh.

"Kalau musim hujan sendiri, mungkin akan memengaruhi sebagian orang dengan kulit berminyak, karena biasanya suhu udara musim hujan cukup lembap," terangnya.

Selain itu, musim hujan juga rentan bagi orang dengan riwayat alergi, akan cenderung kambuh terhadap eksim atopik, karena udara lembab dan sebaran alergen.

Oleh karena itu, dokter di RS. Dr. Saiful Anwar ini menekankan bagi masyarakat untuk tidak meremehkan kesehatan kulit, baik laki-laki ataupun perempuan.

"Secara kultur sosial, perawatan kulit identik dengan perempuan. Tapi, kulit adalah organ terluar tubuh yang sangat menentukan kesan pertama. Kita bisa mengetahui umur, gaya hidup dan lainnya dari kulit. Di sinilah pentingnya merawat kesehatan kulit, baik untuk perempuan maupun laki-laki," imbuhnya.

Konsumsi Vitamin

Terakhir, pakar Dermatologist ini juga memberikan tips kepada masyarakat bahwa mengonsumsi vitamin juga penting dalam proses menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan produk perawatan kulit secara rutin sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

"Konsumsi vitamin, mineral, antioksidan, dan cairan yang cukup. Gunakan produk perawatan kulit secara rutin. Cuci wajah dengan sabun pembersih wajah dua kali setiap hari, gunakan pelembab sesuai jenis kulit dan tabir surya minimal ber-SPF 30. Olahraga yang cukup dan selalu perhatikan kebersihan," pungkasnya.

Simak Video "Tanda-tanda Kamu Harus Setop Pakai Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia