Ujian Ala Squid Game, Peserta Tes CPNS 2021 Makin Deg-degan Nggak Ya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 11:00 WIB
SKD CPNS Kemenkumham Jatim Diawasi Pink Soldier Squid Game
Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jatim/Ujian Ala Squid Game, Peserta Tes CPNS 2021 Makin Deg-degan Nggak Ya?
Jakarta - Ada yang unik dari pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Wilayah Jawa Timur Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Pada saat pelaksanaan SKD, Rabu (20/10/2021) para panitia menggunakan kostum ala pink soldier dalam serial Squid Game.

Hal tersebut dilakukan untuk mencairkan ketegangan dalam melaksanakan tes CPNS. Tak hanya menggunakan kostum ala Squid Game saja, suasananya di lokasi ujian pun dimuat semirip mungkin.

Suasana ala Squid Game tersebut memang telah dirasakan para peserta sesi dua di hari ke-12 setelah memasuki venue di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Mulanya peserta yang menunggu di ruang di halaman depan diarahkan untuk menghadap ke arah Graha Widya. Setelah itu, sirene pun juga berbunyi dan dari dalam Graha Widya muncul lima pink soldier.

Kemunculan pink soldier ala Squid Game tersebut juga diiringi suara latar yang mencekam khas serial Netflix tersebut untuk menghampiri peserta. Mereka juga dilengkapi senjata laras panjang.

Peserta CPNS 2021 Makin Deg-degan atau Nggak Ya? (heading 2)

Para peserta tes CPNS 2021 yang seharusnya merasa deg-degan justru bersemangat dan memberikan tepuk tangan yang meriah.

"Seru banget, bikin seneng," ujar Aini Sholikah, salah satu peserta tes CPNS 2021 yang dikutip dari laman Kemenkumham Jatim.

Menurut keterangan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono suasana ala Squid Game memang sengaja dilakukan agar menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS.

Kanwil Kemenkumham juga menentukan tema yang berbeda setiap harinya agar tidak monoton. Di hari ke-12 ini, panitia memilih tema yang sedang tren, yaitu Squid Game.

"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono.

Pemilihan tema Squid Game juga tak asal, menurut Krismono permainan asal Korea Selatan tersebut juga memiliki kemiripan dengan seleksi CPNS.

Menurutnya peserta harus melewati berbagai macam tantangan dalam permainan. Orang yang bertahan paling akhir akan mendapatkan hadiah.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham, Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," terang Krismono.

Krismono menambahkan, jika faktor mental juga menjadi hal yang dominan dalam mengerjakan soal. Banyak peserta yang tegang sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Ia berharap dengan adanya tema Squid Game dalam tes CPNS dapat meminimalisir ketegangan yang ada.

"Kami berharap melalui seleksi ini mendapatkan SDM yang mumpuni secara intelektual dan integritas," ujar Krismono.

Simak Video "Hati-hati! Ada 'Squid Game' Palsu Berkedok Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia