6 Lulusan S1 Termuda di Indonesia, Ada yang Baru 17 Tahun

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 14:15 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
Foto: iStock/6 Lulusan S1 Termuda di Indonesia, Ada yang Baru 17 Tahun.
Jakarta -

Indonesia memiliki sederet lulusan S1 termuda dari perguruan tinggi yang paling terkemuka. Muda-mudi berbakat ini lulus di kisaran usia belasan tahun, belum mencapai 20.

Menyabet gelar sarjana di usia sangat belia tentunya hal yang sangat membanggakan bagi yang bersangkutan serta orang-orang terdekatnya. Ada dari mereka yang lulus dari jurusan Teknik Komputer, Matematika, hingga Kedokteran.

Penasaran siapa saja yang pernah menjadi wisudawan S1 termuda di Indonesia ini? Simak kisah mereka di bawah ya.

6 lulusan S1 termuda di Indonesia

1. Rafidah Helmi, lulus usia 17 tahun 8 bulan

wisudawan s1 termudawisudawan s1 termuda Foto: Angling Adhitya P/detikcom

Menurut arsip detikcom pada 2016 lalu, gadis kelahiran 31 Juli 1998 asal Sukabumi ini memang cerdas sejak lahir. Betapa tidak, Rafidah hanya merasakan kelas nol kecil di TK Kemala Bhayangkari Secapa Polri Sukabumi selama satu hari saja. Ia langsung naik ke kelas nol besar.

Di usianya yang baru 4 tahun 10 bulan, Rafidah bahkan sudah masuk sekolah dasar. Dulu, dirinya menempuh jenjang itu di SD Sriwidari Sukabumi selama 5 tahun karena program akselerasi.

Umur sekolahnya yang tergolong amat singkat juga dialami saat jenjang SMP dan SMA. Rafidah menyelesaikan jenjang keduanya masing-masing hanya 2 tahun.
Setelah lulus SMA, Rafidah menjadi mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) di usia 14 tahun.

Mulanya, Rafidah ingin jadi guru, tetapi ia akhirnya banting setir memantapkan diri ingin jadi dokter gara-gara kakaknya. Kakak pertama Radidah, Riana Helmi lulus dari kedokteran Universitas Gadjah Mada di usia 17 tahun 9 bulan dan tercatat di rekor MURI.

2. Riana Helmi, lulus di usia 17 tahun 9 bulan

wisudawan termudawisudawan termuda Foto: Arsip detikhealth

Kakak Rafidah, Riana Helmi lebih dulu menapaki jalan sebagai mahasiswa dan lulusan kedokteran termuda. Dalam arsip berita detikhealth, Riana menjadi dokter muda di usia 17 tahun 9 bulan pada Mei 2009. Ia menyelesaikan kuliahnya sebagai seorang dokter penuh pada umur 19 tahun 9 bulan.

Rupanya, saat menjadi mahasiswa baru pun, Riana menjadi mahasiswa termuda. Ia resmi menjadi mahasiswa kedokteran UGM saat baru 14 tahun 5 bulan. Sejak kecil, Riana memang bercita-cita sebagai dokter kandungan.

Perempuan kelahiran Banda Aceh, 22 Maret 1991 ini juga masuk SD saat usianya baru 4 tahun, sama seperti Rafidah. Sejak kelas 1 SD, Riana selalu berada di peringkat pertama.

Ketika jenjang SMP, Riana menyelesaikan studinya hanya dalam 2 tahun. Dan lagi-lagi jenjang SMA juga dilakoninya dalam 2 tahun.

Daftar lulusan S1 termuda di Indonesia beirkutnya klik di sini ya

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia