Rahasia Jennifer Patricia yang Berhasil Jadi Sarjana Terbaik ITS dengan IPK 3,95

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 18:30 WIB
Jennifer Patricia Wisudawati Terbaik ITS
Foto: ITS/Rahasia Jennifer Patricia yang Berhasil Jadi Sarjana Terbaik ITS dengan IPK 3,95
Jakarta - Kisah inspiratif datang dari salah satu mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bernama Jennifer Patricia. Ia berhasil menjadi wisudawati dengan IPK yang mengesankan yaitu 3,95. Jennifer sendiri merupakan wisudawati dari departemen Statistika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD).

Jennifer sendiri berhasil lulus dengan durasi empat tahun dan mendapatkan IPK yang bagus merupakan targetnya sejak awal. Jennifer bercerita jika akademik merupakan hal yang penting sehingga harus berusaha sebaik mungkin agar tidak menyesal kemudian hari.

"Jika hasil yang didapat kurang sesuai dengan ekspektasi, setidaknya tidak akan datang penyesalan karena usahanya belum maksimal," kata Jennifer yang melansir laman ITS, Selasa (5/10/2021).

Tidak hanya berhasil secara akademik, Jennifer juga merupakan mahasiswa yang aktif berorganisasi semasa kuliah. Selain itu, ia juga diangkat menjadi asisten dosen Laboratorium Komputasi Departemen Aktuaria pada tahun 2018-2019.

Semasa kuliah Jennifer mengikuti organisasi Aiesec Surabaya dan juga Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK).

"Bergabung dengan organisasi terlebih di lingkup luas memungkinkan kita untuk menambah relasi yang dimiliki," kata Jennifer.

Pada tahun ketiga perkuliah, Jennifer mendapatkan beasiswa Canada-ASEAN Scholarship and Educational Exchanges for Development (SEED). Beasiswa tersebut merupakan beasiswa pertukaran pelajar di Kanada selama satu semester.

"Beruntung sekali karena saat itu pertama kali ITS melakukan exchange dengan Kanada, dan saya menjadi bagian dari itu," jelas Jennifer.

Tidak hanya itu, gadis kelahiran Surabaya 22 tahun yang lalu itu juga berhasil mendapatkan Beasiswa Unggulan Bank Indonesia tahun 2020-2021.

Jennifer pun membagikan tips-tips agar dapat meraih IPK hampir sempurna, menurutnya hal tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan dosen selama di kelas. Tak lupa juga, kata dia, untuk bertanya kepada dosen terhadap materi yang kurang jelas.

"Selalu menyempatkan diri untuk belajar lagi serta mengerjakan tugas semaksimal mungkin," kata Jennifer.

Jennifer juga mengatakan memiliki support system merupakan hal yang penting.

"Set goal, ketahui apa yang ingin dicapai dan lakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut," ujar wisudawati terbaik ITS tersebut.

Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia