Kuasai 15 Skill Ini Sebelum 2025 Agar Mudah Dapat Kerjaan!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 02 Okt 2021 13:15 WIB
Ilustrasi merekrut karyawan.
Foto: Shutterstock/15 Skill Pekerjaan yang Harus Dimiliki di Tahun 2025, Apa Saja?
Jakarta -

Memiliki pengalaman dan lulusan universitas ternama belum tentu cukup untuk bekerja di masa depan. Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak bidang kerja membutuhkan pekerja dengan skill tertentu.

World Economic Forum (WEF) memperkirakan pada tahun 2025, pekerjaan manusia akan tergeser oleh mesin. Hal itu membuat pekerja di masa depan harus memiliki skill tertentu.

"Tahun 2025, 85 juta pekerjaan mungkin tergeser oleh pergeseran pembagian kerja antara manusia dan mesin. Sebanyak 50% dari pekerja membutuhkan pelatihan skill seiring meningkatnya teknologi," tulis WEF seperti dikutip detikEdu dari laman resminya (2/10).

Lantas apa saja skill yang harus dimiliki seorang pekerja pada tahun 2025? Berikut ulasannya dikutip dari laman WEF.

15 Skill Pekerjaan yang Harus Dimiliki

  • Pemikiran analitis dan inovasi

Di masa depan, agar bisa mengimbangi kemajuan teknologi, pekerja harus memiliki kemampuan menganalisa kondisi yang ada serta merumuskan solusinya dengan cepat dan tepat.

Selain itu, pekerja juga perlu memiliki inovasi untuk menyempurnakan analisa agar dapat memberikan efek besar bagi pasar.

  • Strategi dan daya belajar tinggi

Pada era serba dinamis dan mudah berubah-ubah dengan cepat, diperlukan kemampuan belajar yang tinggi dengan disertai strategi tepat.

Kondisi pasar modern di masa depan sangat memerlukan pekerja dengan kemampuan belajar tinggi serta implementasi pekerjaan yang tepat.

  • Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks

Pekerja akan selalu menemui persoalan baru dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pekerja di masa depan perlu memiliki berbagai sudut pandang dalam menyelesaikan persoalan.

  • Pemikiran kritis dan analisis

Setelah memiliki kemampuan analitis, diperlukan pekerja dengan pemikiran kritis dengan pandangan detail dan teliti terhadap kondisi pasar di masa depan.

  • Kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif

Persaingan skill pekerjaan di masa depan tak lagi soal ide semata, namun setiap pekerja wajib memiliki pemikiran orisinal yang berasal dari dirinya dan dari hasil pemikirannya.

Oleh karena itu, diperlukan inisiatif untuk memberikan ide-ide kreatif dan orisinal di dunia kerja masa depan.

  • Jiwa kepemimpinan dan pengaruh sosial

Di dunia kerja akan banyak ditemukan banyak bos atau atasan, namun tidak semuanya memiliki jiwa kepemimpinan yang memiliki keseimbangan antara kemajuan pekerjaan, simpati, empati, serta pemikiran yang selangkah lebih maju dibanding lainnya.

  • Mahir teknologi, pemantauan, dan kontroling

Bersaing dengan teknologi bukan berarti pekerja harus meninggalkan teknologi. Justru sebaliknya, pekerja harus memiliki bekal pengetahuan yang baik dalam teknologi untuk menyempurnakan pemikiran inovatif dan kreatif.

Klik selanjutnya...

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia