Bekerja di Jerman Bisa Digaji Rp 4 Miliar, Youtuber Ini Beri Pesan untuk Mahasiswa

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 30 Sep 2021 13:15 WIB
software
Foto: shutterstock
Jakarta -

Ingin mendapatkan gaji fantastis setelah lulus kuliah? Seorang youtuber asal Indonesia yang bekerja di Jerman menjelaskan bidang pekerjaan dengan gaji fantastis.


Seperti yang diketahui, setiap upah atau gaji yang dibayarkan pada orang akan bergantung pada bidang pekerjaan, kualifikasi, atau keahliannya. Youtuber dengan nama akun Mommy Tarigan & Family menjelaskan tentang bidang pekerjaan yang paling dicari di Jerman dan memiliki gaji fantastis.


Lantas apa pekerjaan tersebut?

Pekerjaan Bidang IT


Dalam akun youtube tersebut, dijelaskan bahwa pekerjaan yang paling banyak dicari adalah bidang informasi dan teknologi yaitu software engineer.


"Software engineer adalah orang-orang yang mendesain dan mengimplementasikan software-software komputer," terang Mommy Tarigan seperti dikutip detikEdu dari kanal YouTube Mommy Tarigan & Family, Kamis (30/9).


Terkait mengapa software engineer banyak dicari di Jerman, suami Tarigan yang juga hadir dalam kanal tersebut menjelaskan alasannya adalah semakin banyak perusahaan-perusahaan yang mendigitalkan sistem informasi.


Digitalisasi diperlukan, karena perusahaan memiliki banyak sekali sistem informasi, sistem kepegawaian, sistem keuangan, dan serta layanan yang berurusan langsung dengan konsumen.


"Tidak usah jauh-jauh, kita sendiri sebagai konsumen menggunakan banyak aplikasi online untuk misalnya belanja, tracking barang yang dikirimkan kepada kita. Jadi semakin banyak software engineer yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut," katanya.


Lulusan Indonesia bisa lamar software engineer Jerman


Menurut penjelasan keluarga Tarigan yang bekerja di Jerman, bidang pekerjaan software engineer tidak memandang asal negara, tetapi yang dilihat adalah kemampuan atau keahliannya.


"Saya punya teman yang direkrut langsung dari Indonesia untuk bekerja di sini. Tetapi posisi ini biasanya untuk keahlian yang susah dicari kandidatnya di Jerman," ungkapnya.


Menurutnya, kebanyakan perusahaan di jerman mencari kandidat dari luar Jerman. Apabila sebuah perusahaan mendukung visa calon pekerja, hal itu berarti mereka akan bisa mendukung pekerja asing untuk bekerja di Jerman.


Gaji hingga Rp 4 Miliar >>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia