Isi Pidato BTS di Acara UNGA PBB, Siswa Harus Tahu Artinya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 21 Sep 2021 20:30 WIB
BTS Speech
Foto: Bighit
Jakarta - Boyband asal Korea Selatan, BTS berkesempatan membacakan pidato di sebuah acara PBB. Hal itu dilakukan di Majelis Umum PBB ke-76 atau United Nations General Assembly (UNGA).

Dalam Pidato UNGA tersebut, BTS juga berkesempatan bertemu dengan petinggi-petinggi penting dari berbagai negara. BTS juga menemani Presiden Moon Jae In untuk berpidato mewakili Korea Selatan.

Boy group asal Korea Selatan itu berpidato mengenai sudut pandang kaum muda yang hidup dalam pandemic Covid-19 dan pesan-pesan untuk masa depan.

Detikers apakah kalian mengetahui UNGA? Berikut adalah penjelasan mengenai UNGA yang dikutip dari laman resmi United Nations:

Penjelasan Tentang UNGA

UNGA merupakan adalah bagian yang membuat kebijakan utama di PBB. UNGA sendiri terdiri dari semua Negara Anggota PBB.

UNGA sendiri juga menyediakan forum unik untuk diskusi multilateral tentang spektrum masalah internasional yang dicakup oleh Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Setiap 193 negara anggota di United Nations memiliki hak suara yang sama.

UNGA juga membuat keputusan penting PBB, yaitu:

- Mengangkat Sekretaris Jenderal atas rekomendasi Dewan Keamanan

- Memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan

- Menyetujui anggaran PBB

UNGA sendiri memiliki sesi reguler dari bulan September hingga Desember setiap tahun sesuai kebutuhan. Pertemuan ini membahas isu-isu spesifik yang mengarah pada resolusi masalah.

Setelah pandemic Covid-19, Majelis Umum PBB telah menjalankan tugasnya melalui sarana baru untuk menjamin kelangsungan bisnis dan mengurangi penyebaran penyakit.

Contoh spesifik termasuk penggunaan platform virtual untuk melakukan pertemuan dan adopsi e-voting melalui prosedur pengambilan keputusan ketika pertemuan tatap muka tidak dapat dilakukan.

PBB juga menjelaskan jika pandemi bukan satu-satunya masalah yang dihadapi dunia. Rasisme, intoleransi, ketidaksetaraan, perubahan iklim, kemiskinan, kelaparan, konflik bersenjata, dan penyakit lainnya tetap menjadi tantangan global. Tantangan-tantangan ini menuntut tindakan global, dan Sidang Umum adalah kesempatan penting bagi semua untuk berkumpul dan memetakan arah untuk masa depan.

Isi Pidato BTS di UNGA

Para member BTS menyampaikan pesan semangat kepada pemuda dalam menghadapi pandemic. Berikut adalah beberapa isi pidato tiap member:

"Saya pernah mendengar bahwa orang-orang di usia belasan dan 20-an hari ini disebut sebagai generasi yang kehilangan karena Covid," kata salah satu anggota BTS, RM. "Saya pikir berlebihan untuk mengatakan bahwa mereka tersesat, hanya karena jalan yang mereka lalui tidak dapat dilihat oleh mata orang dewasa." imbuhnya.

"Ada saat-saat selama dua tahun terakhir ketika kami juga merasa bingung dan bermasalah. Tapi di sini, ada orang yang berteriak, 'Mari kita hidup, mari kita jalani yang terbaik dari momen ini," kata Jin.

"Mereka tidak bisa diam saja selama ini dalam hidup mereka. Tidak ada yang bisa kita salahkan. Kami masih sama seperti kemarin, tetapi dunia telah berubah seperti kami tiba-tiba memasuki dunia paralel," ungkap Jimin.

"Kami sedih mendengar berita penerimaan dan upacara kelulusan dibatalkan. Sungguh menyedihkan kehilangan momen-momen yang seharusnya dirayakan dalam hidup seseorang. Kami kecewa harus membatalkan tur konser yang telah kami persiapkan begitu lama, dan untuk waktu yang lama kami melewatkan momen yang ingin kami selesaikan," ujar anggota termuda BTS, Jeon Jungkook.

"Kami membutuhkan waktu untuk meratapi hal-hal yang hilang akibat COVID-19, dan waktu untuk menemukan betapa berharganya saat-saat yang kami anggap remeh," kata Suga.

Sementara J-Hope berbicara mengenai lingkungan.

"Kami baru saja berbicara tentang berkabung, tetapi sulit untuk memikirkan tentang berkabung untuk Bumi. Semua orang setuju bahwa perubahan iklim adalah masalah penting, tetapi tidak mudah untuk membicarakan apa solusi terbaiknya," kata J-Hope.

"Saya harap kita tidak menganggap masa depan sebagai kegelapan. Kami memiliki orang-orang yang peduli dengan dunia dan mencari jawabannya. Masih ada banyak halaman tersisa dalam cerita tentang kami, jadi saya harap kami tidak hanya membicarakannya seperti akhir yang sudah ditulis," kata V.

BTS juga menyinggung mengenai pentingnya vaksin. Setelah berpidato, BTS menampilkan lagu hit mereka di UNGA yaitu Permission to Dance. Keren ya BTS detikers!

Simak Video "Pidato BTS di PBB Berikan Secercah Harapan untuk Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia