Job Seeker Nggak Mau Kena Tipu? Ini 5 Ciri Lowongan Kerja Palsu

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 18 Sep 2021 18:00 WIB
Ilustrasi lowongan kerja.
Foto: Unsplash/Amy Hirschi
Jakarta -

Modus penipuan lowongan kerja palsu semakin marak terjadi. Biasanya lowongan kerja palsu tersebut juga mengakibatkan kerugian hingga jutaan rupiah bagi para pencari kerja.

Sebelum melamar pekerjaan, detikers harus dapat mengetahui ciri lowongan kerja palsu tersebut. Apa saja lowongan kerja palsu tersebut, perhatikan penjelasan berikut agar lebih paham.

1. Cek Situs Lowongan Pekerjaan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek situs lowongan pekerjaan tersebut apakah perusahaan tersebut ada. Perhatikan apakah perusahaan tersebut memiliki berbadan hukum yang jelas. Gali informasi sedetail mungkin melalui internet.

2. Cek Email Perusahaan

Detikers juga harus memperhatikan apakah email perusahaan yang digunakan mempresentasikan nama perusahaannya. Namun sekarang juga banyak penipu yang menggunakan email kantor untuk terlihat meyakinkan. Detikers tetap harus berhati-hati ya!

3. Hati-hati Lowongan Kerja Melalui Media Sosial

detikers harus waspada apabila mendapatkan lowongan kerja melalui media sosial. Hal yang perlu dilakukan adalah memastikan perusahaan yang bersangkutan. detikers perlu waspada apabila syarat yang dicantumkan yaitu tidak perlu berpengalaman.

4. Pastikan Perusahaan Tidak Meminta Biaya

Jika kalian melamar kerja namun perusahaan meminta bayaran transportasi ataupun akomodasi lainnya, maka bisa dipastikan itu merupakan penipuan. Berhati-hatilah dan jangan langsung mentransfer biaya yang diminta oleh penipu.

5. Perhatikan Bahasa Lowongan

Memperhatikan cara penulisan lowongan kerja yang ditulis juga tidak boleh dilupakan. Biasanya lowongan kerja palsu menggunakan bahasa yang berantakan dan ditemukan banyak ejaan yang salah.

Jadi mencermati dan teliti saat membaca lowongan kerja itu merupakan hal yang penting. Jika lowongan tersebut menggunakan bahasa yang aneh, detikers wajib mencurigainya.

Demikianlah 5 tips agar tidak tertipu lowongan kerja palsu. Jangan sampai tertipu ya, detikers!



Simak Video "Peluang Rezeki dari Barang Rongsokan"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia