Maulia Mahirani Dapat Beasiswa 15 Juta per Bulan di Belanda, Begini Kisahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 21 Agu 2021 16:58 WIB
Maulia Mahirani dapat Beaiswa di Belanda
Maulia Mahirani Dapat Beasiswa 15 Juta per Bulan di Belanda, Begini Kisahnya (Foto: YouTube CXO Media)
Jakarta -

Mendapatkan beasiswa merupakan keinginan bagi sebagian orang. Tak tanggung-tanggung mahasiswa RI ini mendapatkan beasiswa ke Belanda sebesar 15 juta per bulan.

Maulia Mahirani berhasil mendapatkan beasiswa ke Belanda untuk melanjutkan studi masternya. Ia berkesempatan untuk berkuliah di Universitas Twente.

Maulia sendiri mengambil jurusan Geo-Information Science and Earth Observation with Specialization in Land Administration. Jurusan ini adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang cara menganalisa sebuah data yang ada di atas maupun di bawah permukaan bumi tanpa melakukan kontak langsung.

"Kurang lebihnya (belajar) bagaimana cara mengoleksi dan menganalisa sebuah data di atas maupun di bawah permukaan bumi tanpa melakukan kontak langsung terhadapnya," kata Maulia yang dikutip dari laman HaiBunda.

Maulia juga menceritakan uang saku yang didapat sebesar 900 Euro atau sebesar Rp 15 juta setiap bulannya.

"Kalau mengenai beasiswa kalian bisa langsung buka websitenya di studyinholland.nl. Aku dapat 900 Euro (Rp15 juta) per bulan, biaya kuliah dan juga asuransi," kisah Maulia.

Selain itu selama menempuh beasiswa di Belanda sistem pendidikannya pun menggunakan sistem blok.

"Jadi dalam satu tahun akademik itu kita punya 4 blok yang quarter gitu disebutnya. Setiap blok itu kita ujian. Jadi kalau punya 4 blok sama saja kita ujiannya 4 kali. Dan satu blok-nya itu ada dua modul," tutur Maulia.

"Cukup unik sih karena enggak pakai sistem semester gitu," kata Maulia.

Maulia juga menjelaskan di Belanda masih menerapkan sistem lockdown. Maulia harus berkuliah secara online. Ketika ia bosen, ia pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan.

Pasar di Belanda

Maulia sendiri tinggal di kota Enschede, Bunda. Kota ini terletak di daerah timur Belanda dan sangat dekat dengan Jerman. Karena itu, orang yang tinggal di kota ini bisa berkomunikasi dengan Bahasa Belanda, Bahasa Jerman, dan tentunya Bahasa Inggris.

"Salah satu hiburanku saat pandemi dan lockdown ini adalah pergi ke open market. Di kota Enschede ini, open market (pasar) sendiri bukanya seminggu dua kali. Hari Sabtu dan hari Selasa," cerita Maulia.

Maulia juga menceritakan jika sistem pembayarannya non tunai. Di pasar ini juga ada sebuah truk yang menjual makanan khas Indonesia, lho. Pembelinya sendiri banyak yang merupakan orang Belanda.

Kisah Maulia Mahirani yang mendapatkan beasiswa kuliah di Belanda selengkapnya bisa di baca di SINI.



Simak Video "Cerita Inspiratif Fanboy yang Berhasil Raup Cuan Gara-gara K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia