Sosok Abdul Gafur, Lulusan Boston University di Instagram Sri Mulyani

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 08 Agu 2021 15:02 WIB
Sosok Abdul Gafur, Lulusan Boston University di Instagram Sri Mulyani
Foto: Screenshoot Twitter Boston University School of Law/Sosok Abdul Gafur, Lulusan Boston University di Instagram Sri Mulyani
Jakarta - Sosok bernama Abdul Gafur sempat diupload Menkeu Sri Mulyani di Instagramnya @smindrawati. Orang yang sama diupload juga dalam akun Instagram Kementerian Keuangan @kemenkeuri dan pengacara kondang Hotman Paris.

Unggahan tersebut disertai pesan dan motivasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Misalnya Sri Mulyani, dia berpesan supaya seluruh anak muda terus berusaha membangun negeri dan membuat lingkungan sekitarnya bangga.

"Teruslah berjuang Abd Gafur dan seluruh anak muda... buatlah diri, orang tua, dan Indonesia bangga karena kamu telah berbuat terbaik yang kamu mampu untuk membangun negerimu...!"

Sementara Hotman Paris mengingatkan tiap orang supaya jangan sampai kehilangan nyali. Modal penting agar berhasil adalah nyali besar, yang akan membantu setiap orang menghadapi setiap tantangan. Nyali besar adalah perisai saat merasa takut atau ciut.

"Hotman selalu pesan: pupuk lah nyalimu sbg modal penting sukses," tulis Hotman Paris.

Kemenkeu melalui Instagram menjelaskan, Abdul Gafur adalah abdi negara di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Kemenkeu. Dia mendapat kehormatan menyampaikan remarks dan mendapat standing applause saat lulus dari Boston University pada 2018.

"Seperti yang terdengar dengar dari aksen, saya tidak datang dari Amerika. Saya datang dari negara dimana matahari bersinar sepanjang tahun, dengan orang-orang yang selalu tersenyum dan bersyukur setiap saat. Saya dari Indonesia," ujar Gafur dalam pidatonya.

Abul Gafur adalah lulusan program Diploma 1 STAN asal Manado, Sulawesi Utara. Pada 2016, Gafur mendapat beasiswa FETA untuk jenjang master. Dia diterima di Boston University dan University of Illinois at Urbana Champaign di Amerika Serikat, serta Utrecht University di Belanda.

Diterima di tiga universitas bergengsi, Gafur memilih Boston University. Dia mendapatkan gelar LL.M dari jurusan banking and financial law. Dalam pidatonya, Gafur menyampaikan harapan dan semangat pada seluruh kolega yang wisuda bersama.

"Saya tahu ini terdengar naif. Tapi saya berharap generasi kita dapat membuat dunia lebih baik dan damai. Saya melihat kalian bekerja bersama tanpa melihat kewarganegaraan, dan saya tahu kerja sama internasional dan kesepahaman global bukan fantasi," kata Gafur.

Tentunya, PNS Kemenkeu ini menyampaikan kerja sama dan kesepahaman dengan seluruh negara tidak terjadi dengan mudah. Namun tantangan tersebut bukannya mustahil atau tidak mungkin dilakukan seluruh almamater Boston University.

Tantangan inilah yang akan dihadapi alumnus Boston University lulus. Semua tantangan ini akan menjadi kemenangan besar selanjutnya selepas lulus kuliah. Layaknya sebuah kemenangan besar tentu tak akan datang dengan mudah.

Gimana detikers termotivasi dengan pesan Sri Mulyani atas kisah Abdul Gafur? Semangat terus ya.

Simak Video "Sri Mulyani Kembali Sabet Gelar Penghargaan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia