Cari Tempat Tes TOEFL Online Bersertifikat? Jangan Asal, Ini Tipsnya!

Sponsored - detikEdu
Sabtu, 14 Agu 2021 16:23 WIB
adv golden english
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kemampuan berbahasa Inggris kini telah menjadi persyaratan untuk banyak hal, terutama di dunia akademis dan karier. Cara paling umum untuk membuktikkan kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah dengan mengikuti English Proficiency Test atau tes kecakapan berbahasa Inggris.

Dari hasil tes tersebut, peserta akan mendapatkan selembar sertifikat yang menerangkan kemampuan bahasa Inggrisnya melalui scoring system. TOEFL adalah salah satu English Proficiency Test paling populer di dunia, selain TOEIC dan IELTS.

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language, yaitu salah satu dokumen yang sering dijadikan sebagai persyaratan administrasi di dunia karier dan akademis. Yuk, lanjut baca untuk memahami lebih jauh mengenai tes TOEFL.

3 Kegunaan Tes TOEFL

  1. Syarat Kelulusan

    Mahasiswa semester akhir tentunya familiar dengan istilah SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Bahkan, tidak sedikit kampus di Indonesia yang mensyaratkan dokumen berupa sertifikat TOEFL untuk melengkapi SKPI, lho. Dengan kata lain, sertifikat TOEFL digunakan sebagai syarat kelulusan para mahasiswa.

  2. Lanjut Studi dan Seleksi Beasiswa

    Lanjut studi dan seleksi beasiswa pun tidak terlepas dari persyaratan TOEFL. Syarat sertifikat TOEFL memang sudah menjadi hal umum dalam dunia akademis, meskipun tidak semua kampus memiliki persyaratan yang sama.

  3. Melamar Kerja

    Tak sekadar untuk melamar kerja di perusahaan swasta saja, lho, instansi pemerintah pun seringkali mensyaratkan TOEFL bagi para pelamarnya. Buktinya, setiap kali pembukaan seleksi CPNS dan BUMN, salah satu dokumen yang dijadikan persyaratan adalah sertifikat TOEFL.

adv golden englishFoto: Shutterstock

Perbedaan Tes TOEFL Jenis PBT dan IBT

Sebelum mengambil tes TOEFL, pastikan Anda mengetahui jenis tes apa yang disyaratkan. Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu PBT (Paper Based Test) dan IBT (Internet Based Test). Di Indonesia, TOEFL PBT disebut juga jenis ITP (Institutional Testing Program). TOEFL ITP biasa dipakai untuk keperluan dalam negeri atau di lingkup yang lebih terbatas. Sementara TOEFL jenis IBT memiliki jangkauan lebih luas karena bisa digunakan untuk keperluan akademis di hampir semua belahan dunia.

Berikut perbedaan lainnya antara TOEFL ITP dan IBT

  1. TOEFL jenis ITP menguji tiga skill, yaitu listening, structure and written expression dan reading. Sementara TOEFL jenis IBT menguji keseluruhan skill, yaitu listening, reading, speaking dan writing.

  2. Range skor pada TOEFL ITP adalah 310-677, sementara range skor pada TOEFL IBT adalah 0-120.

  3. TOEFL jenis ITP berdurasi sekitar 2 jam, sementara TOEFL IBT 4 jam.

3 Cara agar Sukses Meraih Skor TOEFL Impian

1. Lakukan Persiapan Seoptimal Mungkin

Lakukanlah persiapan maksimal jika Anda ingin mendapat skor TOEFL yang diinginkan. Salah satu langkah persiapan terbaik adalah dengan mengikuti kursus persiapan TOEFL. Dengan mengikuti kursus TOEFL, Anda akan memiliki mentor profesional yang dapat mengetahui titik lemah dan kelebihan Anda. Mentor berpengalaman akan memberikan strategi-strategi jitu untuk meraih skor TOEFL yang Anda inginkan.

2. Jangan Grogi

Tak sedikit peserta tes TOEFL yang telah mendalami materi TOEFL dan telah siap menghadapi soal-soal TOEFL, namun tiba-tiba bingung dan kesulitan alias nge-blank saat tes. Padahal, soal-soal yang dihadapi pun sudah dipelajari dengan baik sebelumnya. Hal ini sering terjadi karena rasa grogi yang berlebihan. Cara mengatasi hal ini adalah dengan berdoa sebelum tes, relax dan yakin dengan semua persiapan yang sudah dilakukan.

3. Jangan Pernah Curang

Jauhi cara-cara curang, seperti membeli sertifikat TOEFL dan memesan skor. Hal semacam ini bisa menjadi boomerang untuk Anda. Ada cerita menarik, seorang manajer HRD mewawancarai calon karyawan dengan nilai TOEFL 550. Sesi interview berlangsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Di luar dugaan, calon karyawan terlihat nervous, kalimatnya terbata-bata, bahkan lebih banyak menjawab dengan bahasa Indonesia. Manager sampai kebingungan karena seseorang dengan skor TOEFL 550 tidak mampu berbahasa Inggris dengan baik. Hingga akhirnya si calon karyawan menyerah dan berterus terang bahwa sertifikatnya TOEFL diperoleh dari 'memesan dan membeli skor'. Cerita ini setidaknya mengingatkan bahwa menggunakan cara curang hanya akan merusak integritas diri Anda.

Tes TOEFL Online Bersertifikat dari Golden English

Jika tujuan Anda mengikuti tes TOEFL adalah untuk melengkapi syarat skripsi/kelulusan, syarat wisuda, seleksi CPNS, melamar di perusahaan BUMN, promosi jabatan (dalam negeri), dan keperluan dalam negeri lainnya, maka Anda dapat mendaftar di tes TOEFL online bersertifikat dari Golden English. TOEFL ITP Prediction dari Golden English ini telah diikuti oleh ribuan peserta.

Tes TOEFL online bersertifikat dari Golden English ini dijalankan menggunakan sebuah program berbasis web yang dapat diakses dengan mudah dan praktis.

5 Keunggulan Mengikuti Tes TOEFL Online di Golden English

  1. Pendaftaran Mudah dan Murah

    Pendaftaran tes TOEFL online di Golden English cukup mudah, Anda cukup mengisi form pendaftaran, membayar, dan Anda sudah bisa mengikuti tes. Biayanya pun sangat terjangkau, hanya Rp 175.000.

  2. Sertifikat Langsung Jadi

    Tes TOEFL Online dari Golden English adalah solusi bagi Anda yang sedang urgent dan membutuhkan sertifikat dalam waktu cepat. Sertifikat bisa langsung Anda dapatkan seketika setelah Anda menyelesaikan tes.

  3. Jadwal Tes Fleksibel

    Tes TOEFL Online dari Golden English menawarkan jadwal tes yang fleksibel. Akses dibuka 24 jam dan Anda bisa mengikuti tes kapan saja di waktu luang Anda.

  4. Legalitas dan Kredibilitas Terjamin

    Golden English adalah lembaga kursus dan pelatihan yang telah mengantongi izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta telah terakreditasi BAN.

  5. Ada Fasilitas Pendukung

    Golden English menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk setiap peserta tes TOEFL online, di antaranya:

    • Peserta bisa mengikuti tes lebih dari 1 kali

    • Group telegram berisi latihan-latihan soal dan pemaparan materi TOEFL

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran tes TOEFL online bersertifikat di Golden English dapat diakses melalui https://golden-course.com/test-toefl/ atau hubungi CS Golden English via WhatsApp di 081 8790 111.

(Test TOEFL Online, Golden English/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia