Kisah Saudari Kembar Tiga Diterima di Unair Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Anastasia Anjani - detikEdu
Kamis, 22 Jul 2021 13:15 WIB
Kembar tiga masuk Unair
Foto: Unair
Jakarta - Sungguh mengesankan, kembar tiga yang terdiri dari Nandina, Naila, dan Nabila berhasil menjadi mahasiswa Unair melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Awalnya hanya Nandina yang berhasil lolos ke Unair melalui jalur SNMPTN.

"Jadi ketika mendaftar perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya Nandina yang berhasil diterima. Ingin merayakan diterimanya Nandina juga nggak terlalu senang karena baru satu yang lolos," tutur Nabila Shafiya yang dikutip dari laman Unair.

Sebelum diterima di Unair, Nabila dan Naila mengaku stress karena belum lolos SNMPTN.

"Agak stress juga waktu itu, sebelum akhirnya saya dan Naila lolos melalui jalur SBMPTN," papar Nabila.

Alasan kembar tiga tersebut tertarik menjadi mahasiswa Unair karena sudah menjadi impian mereka bertiga sejak lama. Selain itu, banyaknya anggota keluarga yang berkuliah di Unair dan menjadi lulusan Unair semakin memantik semangat mereka bertiga.

Menurut Nabila, Unair juga memiliki banyak prestasi, sehingga mereka bertiga tidak ragu-ragu untuk memilih Unair sebagai kampus tujuan.

"Alasan lainnya karena kami ingin berusaha untuk tidak menyulitkan kedua orang tua dengan cara masuk universitas negeri," cerita Nabila. Nabila juga menjelaskan jika orang tuanya juga mendukung dan menyetujui mereka bertiga untuk berkuliah di Unair.

Nabila juga membagikan tips agar dapat lolos SBMPTN. Nabila mengaku ia mencatat dan melihat kembali pelajaran yang telah didapat dari bimbingan belajar. Selain itu, ia juga memaparkan bahwa mereka bertiga memiliki durasi belajar yang berbeda.

"Ada yang mungkin tahan belajar sampai agak lebih malam, ada juga yang harus banyak istirahatnya," papar Nabila.

Nabila juga mengatakan mereka bertiga tidak hanya berfokus pada bimbingan belajar di sekolah. Ia menekankan keseimbangan merupakan kunci penting dalam belajar di dua tempat.

"Jadi harus begadang sampai jam 01.00 untuk ngerjain tugas-tugas," ungkapnya.

Walaupun banyak mendapatkan tugas dari bimbingan belajar. Mereka bertiga mengaku hal tersebut menjadi pengalaman yang mengesankan karena guru-guru dari bimbingan belajar sangat memotivasi mereka bertiga.

Nabila berharap ketika menjadi mahasiswa Unair nantinya dirinya dapat berprestasi, menjadi mahasiswa yang aktif, dan mendapatkan beasiswa.

Nabila juga berpesan bagi yang ingin menjadi mahasiswa Unair agar selalu bersungguh-sungguh.

"Ketika teman-teman mengalami banyak kesulitan, jangan patah semangat dan banyak berdoa," tutur Nabila.



Simak Video "Indekos Hingga Kuliner di Unair yang Para Maba Harus Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia