Apa yang Dimaksud dengan Penerjemah Tersumpah? Begini Penjelasannya

Apa yang Dimaksud dengan Penerjemah Tersumpah? Begini Penjelasannya

Sponsored - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 17:13 WIB
Ilustrasi menerjemahkan.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kita hidup di era globalisasi yang memungkinkan berinteraksi dan menjalin kerja sama dengan semua orang di seluruh dunia. Ini didukung oleh kemajuan teknologi komunikasi yang memudahkan orang lintas negara saling terhubung satu sama lain. Dalam dunia bisnis, bermitra dengan pihak asing sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan demi kemajuan perusahaan.

Bicara soal kerja sama antar negara, Anda pasti membutuhkan pihak ketiga untuk membantu melancarkan komunikasi dengan klien. Jawaban terbaiknya adalah memesan layanan kepada jasa penerjemah tersumpah.

Bagi orang awam, banyak yang masih bingung apa itu penerjemah tersumpah. Apakah Anda salah satunya? Kalau begitu, simak uraian singkat berikut.

Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah

Penerjemah tersumpah adalah seorang ahli bahasa yang sudah melewati berbagai macam tes kualifikasi penerjemahan dan berhasil lolos dengan nilai minimum 80. Setelah lulus kualifikasi, mereka kemudian diberi sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia.

Apakah cara menjadi penerjemah tersumpah hanya cukup sampai di situ? Oh, tidak. Seorang ahli bahasa masih harus disahkan pengukuhannya, yaitu diambil sumpahnya di depan Gubernur DKI Jakarta.

Setelah melalui serangkaian prosedur di atas, barulah statusnya sebagai jasa penerjemah tersumpah resmi dan diperbolehkan membuka layanan. Karena sudah melalui uji coba dan tes, kemampuannya dalam menerjemahkan bahasa pasti terjamin bagus.

Perbedaan Penerjemah Biasa dan Penerjemah Tersumpah

Selain dibedakan oleh gelar dan sertifikasi resmi dari pemerintah, perbedaan antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa berasal dari bidang terjemahan yang dikerjakan. Secara umum, jasa penerjemah tersumpah mengerjakan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan legalitas.

Sementara itu, penerjemah biasa melakukan pekerjaan alih bahasa untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan legalitas, seperti menerjemahkan produk tertentu dan film.

Untuk menilai kualitas terjemahan yang ditawarkan, ini bersifat subjektif. Namun, apabila melihat dari sejumlah ketentuan dan persyaratan yang diberlakukan agar bisa menjadi penerjemah tersumpah, seharusnya mereka memiliki kemampuan dan kredibilitas lebih baik daripada penerjemah biasa.

Tugas Jasa Penerjemah Tersumpah

Jasa penerjemah tersumpah mempunyai sejumlah tugas yang mungkin dibutuhkan untuk keperluan perusahaan maupun pribadi. Berikut beberapa di antaranya.

Penerjemahan Dokumen Finansial

Contoh Form Pajak, Profil Perusahaan, Laporan Audit, dan lain sebagainya.

Penerjemahan Dokumen Legal

Contoh Akta PKPS, TDP, SIUP, Akta Pendirian, dan lain sebagainya.

Penerjemahan Dokumen Akademis

Contoh Ijazah, Piagam, SKHUN, dan lain sebagainya.

Penerjemahan Dokumen Teknikal

Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP), AMDAL, konten website, dan lain sebagainya

Penerjemahan Dokumen Pribadi

Akta, KK, KTP, dan lain sebagainya

Tarif Jasa Penerjemah Tersumpah

Secara umum, penerjemah tersumpah membanderol layanannya Rp 75.000-Rp 150.000 per halaman untuk bahasa Indonesia ke Inggris. Harga tersebut bisa lebih mahal ketika Anda menerjemahkan ke bahasa lain, seperti Arab, Mandarin, Jepang, Prancis, Korea, Italia, Spanyol, dan lain-lain.

jasapenerjemahbersumpah.com adalah solusi untuk Anda yang sedang butuh layanan penerjemah tersumpah. Seluruh team kami adalah ahli bahasa yang sudah bersertifikasi resmi dan diambil sumpahnya oleh pemerintah daerah.

"Kami memberikan garansi 100 persen kepada klien bahwasanya hasil terjemahan akan diterima oleh Kemenlu dan Kemenhukam untuk keperluan legalisasi berbagai macam dokumen. Sehingga klien tidak perlu cemas ketika ingin order layanan," ujar Aghis, selaku admin jasapenerjemahbersumpah.com.

Tersedia pilihan layanan alih bahasa yang lengkap dan bisa disesuaikan menurut kebutuhan konsumen, mulai dari dokumen finansial, dokumen legal, dokumen akademis, dokumen teknikal, dokumen legalisasi dan dokumen pribadi.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai pengertian jasa penerjemah tersumpah. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Ngobrol Pintar BRIlianpreneur Episode 3"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Feritekno)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia