Terpapar COVID-19, Dosen UGM Bambang Purwoko Meninggal Dunia

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 14 Jul 2021 12:30 WIB
Dosen UGM Bambang Purwoko meninggal dunia, Rabu (14/7/2021).
Foto: Istimewa/Terpapar COVID-19, Dosen UGM Bambang Purwoko Meninggal Dunia
Jakarta - Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus eks anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya Bambang Purwoko meninggal karena COVID-19. Ia menghembuskan napas terakhir di RSUP Dr. Sardjito, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pak Bambang Purwoko sempat dirawat di RS karena Covid-19. Beliau masuk ke ICU beberapa hari lalu. Pagi ini kondisinya memburuk, dengan detak jantung lemah. Jam 09.25 beliau dinyatakan meninggal," kata Ketua Departemen Politik Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM Abdul Gaffar Karim, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (14/7/2021).

Ketika menjadi anggota TGPF Intan Jaya, Bambang sempat tertembak oleh Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) yang menyerang di Distrik Hitadipa, Intan Jaya Papua.

Kala itu, dosen UGM ini tertembak ketika akan pulang pasca melakukan investigasi dan mendatangi beberapa keluarga Pendeta Yeremia yang tewas. Bambang tertembak bersama satu orang anggota TNI dan langsung dievakuasi ke RSUD Sugapa.

Bambang merupakan lulusan sarjana tahun 1987 Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Dirinya melanjutkan studi di Murdoch University pada 1955 dan lulus program magister di Departemen politik, University of Western Australia, Perth di tahun 2016.

Mulai tahun 2008, Bambang menempati posisi Kepala Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerja Sama (PPKK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Lembaga ini aktif dalam bidang penelitian, pendampingan, advokasi kebijakan, dan pelatihan di bidang politik dan pemerintahan.

Dosen tersebut juga pernah menjadi Ketua Kelompok Kerja Papua (Pokja Papua) di UGM. Dirinya adalah sosok yang berpengalaman meneliti tentang Papua.

Selamat jalan Bambang Purwoko!

Simak Video "Kasus Turun Namun Banyak Provinsi Belum Update Data Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia