Contoh Soal Ide Pokok Paragraf Lengkap Pembahasan dan Kunci Jawaban

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 12:15 WIB
Siswa-Siswi sekolah dasar mengikuti Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 01 dan 02 Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/5/13). Sebanyak 153.449 siswa di Jakarta mengikuti ujian nasional dari jumlah tersebut 141.076 peserta berasal dari SD, dan 12.373 peserta berasal dari MI. Sementara, jumlah sekolah yang mengikuti UN SD ada 3548 sekolah. File/DetikFoto.
Foto: Agung Pambudhy/Contoh Soal Ide Pokok Paragraf Lengkap Pembahasan dan Kunci Jawaban
Jakarta - Dalam sebuah paragraf, ide pokok merupakan unsur terpenting untuk mengetahui isi kalimat. Untuk lebih memahami materi tersebut, detikers bisa mempelajari contoh soal ide pokok paragraf di sini.

Ide pokok paragraf adalah inti sebuah paragraf. Ide termuat dalam kalimat utama suatu paragraf. Biasanya, ide pokok paragraf dapat ditemukan di awal, di akhir, atau di awal, dam akhir paragraf.

Ide pokok paragraf juga dikenal dengan gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, atau pikiran utama. Berikut contoh ide pokok dalam sebuah paragraf.


Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Teks paragraf contoh mencari ide pokok dikutip dari 'Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2016' terbitan Penerbit Duta

Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya

Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru. Barang bekas yang dapat didaur ulang, di antaranya botol minuman, koran, dan kain perca. Daur ulang dilakukan untuk mencegah banyaknya barang yang dibuang percuma.

Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan. Barang-barang kerajinan tangan hasil daur ulang bisa kita jual. Selain itu, kegiatan daur ulang barang bekas bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak. Barang bekas yang bisa didaur ulang oleh anak-anak, misalnya koran bekas. Cara mendaur ulang koran bekas cukup mudah, yaitu dengan merendam kertas koran bekas yang sudah disobek ke dalam ember berisi air selama sehari semalam. Kemudian, koran tersebut diblender dan diaduk dengan lem. Hasil daur ulang koran tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi.

Kain-kain sisa atau kain perca bisa dibuat menjadi boneka atau tempat penyimpanan serbaguna. Berbagai cara pembuatan boneka dari kain perca dapat dicari melalui internet. Kamu tidak akan kesulitan untuk membuat barang-barang dari kain perca tersebut.

Dikutip dari Koran Berani, 6 November 2015, dengan pengubahan

  • 1. Ide pokok paragraf ketiga dalam teks 'Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya' adalah...

A. manfaat daur ulang koran bekas
B. manfaat daur ulang kain perca
C. cara daur ulang barang bekas
D. mengumpulkan kain perca

Jawaban B

Pembahasan:

Ide pokok paragraf ketiga dalam teks tersebut terdapat pada kalimat pertama. Kalimat pertama menjelaskan manfaat kain perca bisa digunakan untuk membuat boneka atau tempat penyimpanan serbaguna.

Teks paragraf dikutip dari buku 'Kumpulan Soal dan Pembahasan Ujian Saringan Masuk STAN 2009' terbitan Kawan Pustaka

Fokus sopir dalam kendaraan yang sedang melaju adalah melihat ke depan melalui kaca depan, bukan pada kaca spion. Fokus pada kaca spion akan memengaruhi laju kendaraan dan bukan tidak mungkin berakibat kecelakaan. Penggunaan kaca spion pun hanya sewaktu-waktu dan setiap kali penggunaannya hanya untuk sekejap, tidak untuk berlama-lama (Kompas, 9 Juli 2007)

  • 2. Ide pokok paragraf di atas adalah

A. tugas utama sopir adalah melihat kaca depan
B. penggunaan kaca spion cukup sewaktu-waktu
C. pengaruh kaca spion terhadap laju kendaraan dan kecelakaan
D. sopir harus melihat ke depan

Jawaban A

Pembahasan:

Ide pokok paragraf adalah pokok pembicaraan atau pokok permasalahan. Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan oleh ide-ide penjelas yang bersifat khusus.

Jadi ide pokok paragraf tersebut adalah 'Tugas utama sopir adalah melihat kaca depan'.

Teks paragraf dikutip dari buku 'Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2014' terbitan Penerbit Duta

Ruas Jalan Tol Jakarta - Merak Tidak Nyaman

Sebagai pengguna Jalan Tol Jakarta - Merak, Banten khususnya ruas Cikupa-Cilegon, saya benar-benar merasakan ketidaknyamanan. Setia hari ada saja bagian jalan yang diperbaiki, lalu separuh jalan ditutup. Akibatnya, jalan macet dan antrean panjang. Bagi yang pergi dengan ketepatan waktu tinggi, jangan harap bisa tepat waktu.

Untuk arah Cilegon-Cikupa, saat ini ada tujuh titik lokasi yang ruas jalannya diperbaiki. Panjang perbaikan bervariasi, antara 1 sampai 2 kilometer, yaitu di Kilometer 74, Kilometer 65, Kilometer 56, Kilometer 51, Kilometer 49, Kilometer 44, dan Kilometer 31.

Jalan tol memang perlu diperbaiki agar pengguna tol menjadi nyaman, aman, tanpa hambatan. Tetapi, masalahnya perbaikan itu seperti tak kunjung selesai. Dalam dua tahun terakhir ada saja ruas tol yang diperbaiki. Kadang-kadang yang diperbaiki sekitar 100 meter, tetapi jalan yang ditutup lebih dari 0,5 kilometer. Lucunya lai, jalan yang sudah diperbaiki beberapa bulan kemudian retak-retak lagi.

Mungkinkan perbaikan jalan tol diatur sedemikian rupa agar kemacetan tidak sekaligus terjadi di banyak titik? Sebagai pengguna jalan tol yang telah membayar mahal, tentu berharap dengan menggunakan jalan tol, perjalanan menjadi lancar.

  • 3. Ide pokok paragraf kedua dalam bacaan tersebut adalah...

A. jumlah jalan yang rusak
B. arah jalan yang diperbaiki
C. lokasi ruas jalan yang rusak
D. panjang jalan yang diperbaiki

Jawaban C

Selamat belajar contoh soal ide pokok paragraf, detikers!

Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia