Cara Lihat Instansi yang Buka Pendaftaran PPPK Guru di sscasn.bkn.go.id

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 05 Jul 2021 17:20 WIB
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Dalam situs sscasn.bkn.go.id, tersedia informasi mengenai daftar instansi mana saja di seluruh Indonesia yang membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru. Kesempatan registrasi masih akan dibuka hingga 21 Juli 2021 nanti.

Mengutip dari situs resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), pelamar formasi PPPK guru tahun 2021 hanya boleh mendaftarkan diri di satu formasi jabatan pada satu instansi, dan dalam satu kali periode pendaftaran.

Hasil seleksi administrasi nantinya akan diumumkan pada 28-29 Juli 2021. Pelamar juga memiliki hak sanggah hasil tersebut, yang dapat diajukan pada 30 Juli-1 Agustus 2021.

Untuk mengajukan sanggahan, pelamar dapat mengakses sscasn.bkn.go.id dengan memberikan kronologi serta bukti dukung. Masa jawab sanggah akan dilakukan pada 30 Juli-8 Agustus 2021 dan pengumumannya pada 9 Agustus 2021.

Untuk mengingatkan kembali, beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk mendaftarkan diri adalah sebagai berikut:

1. Kartu Keluarga (KK)

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

3. Ijazah

4. Transkrip nilai

5. Pasfoto

6. Swafoto

7. Dokumen lain sesuai ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dituju

Guna mengetahui instansi mana saja yang membuka pendaftaran PPPK guru, pendaftar dapat membuka situs resmi SSCASN. Pada halaman utama, terdapat menu 'Daftar instansi yang membuka pendaftaran'.

Jika melakukan klik pada menu tersebut, pendaftar akan mendapatkan informasi mengenai nama instansi, status buka, jenis pengadaan, tanggal mulai & penutupan pendaftaran, serta link informasi instansi terkait. Saat klik tombol Pengumuman yang ada di samping kanan tanggal penutupan seleksi, pendaftar langsung diarahkan menuju situs instansi yang dituju.

Jadi, untuk detikers yang ingin mengetahui instansi mana saja yang membuka pendaftaran PPPK guru, dapat melalui sscasn.bkn.go.id ya. Selamat mencoba!



Simak Video "Ombudsman Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS, Sila Adukan Keberatan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia