Pesan Nadiem Makarim di Pelantikan 4 Pejabat Baru Kemdikbudristek

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 28 Mei 2021 12:30 WIB
nadiem makarim
Foto: Dok. Kemdikbudristek
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melantik 4 pejabat baru Kemdikbudristek. Pejabat yang dilantik terdiri dari dua direktur politeknik negeri, widyaiswara ahli utama, dan analis kebijakan ahli utama.

Saat melantik, Nadiem turut mengajak seluruh pejabat di lingkungan kementerian termasuk pejabat baru untuk bekerja secara cerdas dan siap menghadapi perubahan zaman.

"Kita harus siap menghadapi tantangan perubahan zaman. Individu yang dapat bertahan pada era ini adalah pekerja cerdas yang memiliki kecepatan, ketepatan, efisiensi, dan efektivitas dalam berpikir dan bekerja," terang Nadiem dalam sambutan acara Pelantikan Pejabat Kemendikbudristek, melalui YouTube Kemdikbudristek, Jumat (28/5/2021).

Untuk mewujudkan individu yang memiliki banyak keunggulan tersebut, menurut Nadiem bisa dimulai dengan menciptakan iklim pendidikan yang menyenangkan melalui program Merdeka Belajar.

"Merdeka Belajar merupakan upaya Kemdikbud untuk mewujudkan hal tersebut melalui pembelajaran yang merdeka dan menyenangkan. Kami berupaya agar anak-anak Indonesia mendapatkan ruang sebesar-besarnya untuk berkreasi dan berinovasi," jelas Nadiem.

Kemdikbud juga menambahkan dengan adanya pejabat pada posisi baru, harapannya bisa mewujudkan program Merdeka Belajar guna menciptakan iklim pendidikan yang berkualitas.

Adapun nama-nama pejabat yang baru dilantik Nadiem, di antaranya:

1. Drs. Edison M.B.A. sebagai Widyaiswara Ahli Utama pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

2.Ir. Hendarman MSc. Ph.D sebagai Analis Kebijakan Ahli Utama pada Pusat Penguatan Karakter

3. Ali Ridho Barakbah S. Kom Ph.D sebagai Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya periode 2021-2025.

3. Muhammad Fajar Subkhan ST., MT. sebagai Direktur Politeknik Negeri Madiun periode 2021-2025.

Kepada para pejabat yang baru dilantik, Nadiem memberi pesan khusus agar semua bisa menjalankan tugas sebaik mungkin sebagai pelayan masyarakat dalam upaya memajukan kualitas pendidikan serta mengembangkan ekosistem Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Kepada Ir Hendarman, kemdikbud sangat mengharapkan rekomendasi-rekomendasi dari hasil kajian dan analisis yang dapat mendorong terciptanya kebijakan-kebijakan yang strategis yang mendukung upaya pencapaian tujuan dan cita-cita kementerian. Kepada Drs. Edison, diharapkan mampu menghadirkan gagasan dan inovasi pembelajaran bagi ASN lingkungan Kemendikbud-Ristek sehingga terbentuk ASN profesional, yang berintegritas, yang akan mendukung tercapainya visi & misi kementerian," paparnya.

Sementara kepada dua direktur politeknik yang baru, Nadiem berharap untuk selalu mengembangkan iklim pendidikan yang memacu kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan di lembaga pendidikan yang dipimpin. Sehingga mampu menghasilkan agen perubahan yang siap memajukan Indonesia dengan kreasi dan inovasi di berbagai bidang.



Simak Video "4 Upaya Perbaikan Sistem Pendidikan RI yang Terus Diupayakan Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia