Yuk, Amati Gerhana Bulan Total Bareng Observatorium Bosscha Besok, Gratis!

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 25 Mei 2021 14:00 WIB
Observatorium Bosscha di Bandung
Amati Gerhana Bulan Total Bareng Observatorium Bosscha Besok Foto: (Fadhil Nugroho/d'Traveler)
Jakarta - Udah nggak sabar mau lihat gerhana bulan total besok malam? Biar makin seru, kamu bisa mengamati fenomena gerhana bulan ini sambil diskusi bareng Observatorioum Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) secara virtual, lho!

Pengamatan virtual langit malam (PVLM) gerhana bulan total bersama Observatorium Bosscha ini ini disiarkan langsung dari Lembang dan Kupang. Kamu bisa ikut pengamatannya besok via website dan apps Slido, serta menyaksikan siaran langsung pengamatan ini kanal Youtube Bosscha Observatory mulai pukul 17.00 WIB.

Pengamatan Virtual Langit Malam (PVLM) adalah program virtual Observatorium Bosscha untuk kamu yang rindu mengamati fenomena luar angkasa. Observatorium ini sendiri menutup layanan kunjungan bagi masyarakat sejak Maret 2020 karena pandemi.

Lewat PVLM, kamu bisa mendapatkan pengetahuan astronomi melalui teleskop Observatorium Bosscha dari rumah, yakni melalui platform seperti Youtube dan Slido.

Peneliti Observatorium Bosscha Yatny Yulianty mengatakan, pengamatan gerhana bulan total ini akan dilaksanakan di Bandung dan Kupang.

"Observatorium bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana di Kupang, Nusa Tenggara Timur, komunitas pecinta astronomi Pecinta Langit Timur (Pelati), dan seorang astronom amatir dari Kupang, Zulkarnain," kata Yanty dalam keterangan resmi Bosscha, Selasa (25/5/2021).

Yanti menjelaskan, pengamatan gerhana bulan di Kupang lebih mudah dilakukan dan potensi terlihatnya bulan lebih tinggi karena posisi bulan lebih tinggi, serta cuaca lebih cerah daripada di Bandung.

Fenomena yang juga disebut sebagai super blood moon ini akan berlangsung total selama 5 jam.

Selain melakukan pengamatan, PVLM pada Mei ini juga akan disertai diskusi ringan seputar gerhana bulan total. Diskusi tersebut mendatangkan narasumber dari Kelompok Keahlian program studi Astronomi Ferry M. Simatupang, astronom Observatorium Bosscha Muhammad Yusuf, dosen dari Universitas Nusa Cendana Andreas Ch. Louk, dan astronom amatir Zulkarnain.

PVLM dapat disaksikan di channel Youtube Bosscha Observatory dan Slido mulai pukul 17.00 WIB. Dengan bergabung di Slido, masyarakat dapat mengikuti sesi diskusi interaktif seperti memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mengikuti polling.

Kalau kamu mengikuti PVLM gerhana bulan lewat Slido, kamu bisa berinteraksi langsung dan berdiskusi di sesi Q&A bersama para ahli astronomi dari Observatorium Bosscha, ITB, dan Universitas Nusa Cendana. Penonton via Slido juga akan mendapat e-card berlatar salah satu citra hasil pengamatan yang dikirim via email.

Adapun kualitas video yang disajikan via Slido akan lebih ciamik dibandingkan dengan siaran via Youtube. Kuota peserta PVLM via Slido terbatas untuk 700 peserta. Kalau kamu berminat, daftar sebelumnya melalui tautan bit.ly/PVLM2021 atau https://bosscha.itb.ac.id/id/layanan/pvlm/ ya. Pendaftaran dibuka hari ini, Selasa (25/05/2021) mulai pukul 19.00 WIB.

Karena GBT dapat disaksikan di sebagian besar wilayah di Indonesia, kamu juga dapat menyaksikan gerhana bulan total secara langsung di wilayah masing-masing.

Kamu juga bisa berbagi foto gerhana bulan total dari daerah masing-masing dengan Observatorium Bosscha dengan mention akun Instagram @bosschaobservatory dan tagar #gbtbosscha2021 dan #gerhanabulantotal2021 .

Makin seru lagi, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI juga mengadakan Lomba Foto Gerhana Bulan Total yang berhadiah merchandise untuk tiga karya foto terbaik. LAPAN juga menggelar siaran pengamatan dan talkshow lewat Live Streaming #GerhanaBulanTotal di kanal Youtube LAPAN RI, Rabu, 26 Mei 2021 mulai pukul 15.45 WIB.

Nah, udah enggak sabar mau lihat gerhana bulan total bareng Observatorium Bosscha ? Yuk, pasang alarm besok sore pukul 17.00 WIB!

Simak Video "Pemantauan Gerhana Bulan Total di Pantai Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia