Cerita Pemburu Beasiswa

Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Ceko: Lolos Tanpa Ujian Seleksi

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 18:08 WIB
Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Ceko: Lolos Tanpa Ujian Seleksi
Foto: Dok Pribadi/Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Ceko: Lolos Tanpa Ujian Seleksi
Jakarta - Mahasiswa asal Indonesia di Ceko bernama Surya Gentha Akmal patut diacungi jempol. Sebab, ia berhasil mendapatkan beasiswa mahasiswa PhD bidang studi Applied Zoology dengan fokus keilmuan pada biota native, non-native, dan invasive alien species di Czech University of Life Sciences Prague di Ceko.

Pria yang akrab disapa Gentha ini pun menceritakan bagaimana ia mendapatkan beasiswa di Ceko dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Ceko: Lolos Tanpa Ujian SeleksiKisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Ceko: Lolos Tanpa Ujian Seleksi Foto: Dok Pribadi

"Saya mendapatkan beasiswa ČZU Doctoral Scholarship adalah implementasi dari MoU antara IPB University dengan Czech University of Life Sciences Prague. Kerja sama tersebut di inisiasi oleh Dr. Yonvitner yang merupakan pembimbing sekaligus sebagai mentor saya di IPB University," cerita Gentha pada detikEdu (16/5).

Gentha juga bercerita bahwa dirinya berhasil menjadi mahasiswa PhD tanpa ujian seleksi. Saat itu Ia direkomendasikan oleh Luky Adrianto, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB dan Lukáš Kalous Wakil Dekan Faculty of Agrobiology and Natural Resources, ČZU.

"Dalam mendapatkan beasiswa ČZU Doctoral Scholarship, saya direkomendasikan oleh Prof. Ing. Jiří Patoka. Berdasarkan rekam jejak studi dan progres studi saya di ČZU. Perjuangan mendapatkan beasiswa ini hampir satu tahun dari 2019 dan akhirnya saya berangkat ke Republik Ceko untuk studi pada September 2020," papar mahasiswa Departemen Zoology and Fisheries ini.

Rupanya untuk berkuliah di luar negeri, Gentha tak asal memilih negara. Alasan dirinya menerima beasiswa di Ceko karena Republik Ceko punya sejarah pendidikan yang panjang, Institusi Perguruan Tinggi Tertua di Eropa Tengah telah berdiri di Republik Ceko sejak tahun 1348.

Menurutnya, sistem pendidikan yang dibangun kurang lebih 673 tahun yang lalu telah terstruktur dengan sangat baik dan mumpuni. Sehingga, alasan kuat Gentha terbang ke Ceko adalah banyaknya pemikir-pemikir dan ilmuan-ilmuan andal dunia di sana.

Sedangkan untuk pemilihan jurusan, diakui Gentha karena kesesuaiannya dengan latar belakang keilmuan sebelumnya. "Saya adalah seorang peneliti yang fokus pada bidang tersebut dan ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi dari keilmuan yang saya tekuni dari ahli-ahlinya langsung," papar Gentha.

Tak lupa ia membagikan tips untuk mendapatkan beasiswa di Ceko. Baginya, yang paling penting menurut Gentha adalah tidak malu bertanya dan mencari informasi dari sumber yang tepat mengenai beasiswa.

"Buat list daftar beasiswa yang diminati, persiapkan dari jauh-jauh hari, susun timetable, lengkapi semua persyaratan dengan detail dan yang paling penting adalah persiapkan mental dan fisik untuk apapun yang terjadi," cerita Gentha.

Gentha juga berpesan Ketika tidak mendapatkan beasiswa di Ceko untuk memperbaiki kesalahan, menjadikannya sebagai pengalaman dan terus bergerak maju untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.



Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia