Korean Lovers, UI Punya "Sandbox" ala Drama Korea "Start Up" Loh

Anastasia Anjani - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 19:00 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta - Halo detikers yang juga K-Drama Lovers, tentunya kalian pasti sudah tahu dong drama yang viral akhir 2020 lalu? Iya jawabannya adalah Start Up.

Drama yang menceritakan tentang perjuangan beberapa orang dalam mendirikan perusahaan rintisan atau lebih dikenal dengan Start Up berhasil menyita perhatian publik karena kisahnya yang menarik antara tiga tokoh utama Seo Dal Mi, Nam Do San, dan Han Ji Pyeong. Ternyata di Universitas Indonesia (UI) memiliki tempat untuk mewadahi perusahaan rintisan seperti Sandbox loh, nama Sandbox UI https://www.detik.com/tag/ui tersebut yaitu Direktorat Inovasi dan Sains Technopark (DISTP).

Sanbox di UI sendiri ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa yang berjiwa berwirausaha dan kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. Di Sandbox UI para mahasiswa dapat mewujudkan produk inovasi yang dimiliki untuk dijadikan start up dalam melalui program UI Incubate.

Dengan program ini para mahasiswa yang mengikuti akan mendapatkan berbagai macam fasilitas bisnis yang dimulai dari seminar bisnis, workshop, mentoring dengan para praktisi, pameran, dan juga kesempatan untuk mempertemukan start up para mahasiswa dengan calon investor yang akan menjadi kesempatan untuk memperbesar peluang bisnis start-up.

Tidak hanya itu mahasiswa yang mendaftarkan diri pada program ini akan mendapatkan fasilitas berupa working space yang ada di Lantai 2 Gedung ILRC UI. Terdapat beberapa start up binaan DISTP UI yaitu Belimbing Island, Mask It, dan Infishta.

Sejarah DISTP UI

Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (UI) pada awalnya didirikan sebagai Direktorat Kerjasama dan Inkubator Bisnis, DKIB) pada tahun 2007 berdasarkan Keputusan Rektor. nomor 756/SK/R/UI/2007.

Lalu seiring dengan pergantian kepemimpinan dan perubahan struktur DKIB UI berganti nama menjadi Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI pada tahun 2014 dengan struktur organisasi yang baru.

Pada akhirnya DIIB UI berubah menjadi Direktorat Science dan Techno Park (DISTP) yang bertempat di Gedung Integrated Laboratory and Research Center (ILRC) Lantai 1, Kampus UI Depok. DISTP UI bertujuan untuk melayani dan membantu berbagai pihak untuk gotong royong dalam mendorong kemajuan inovasi, kewirausahaan, dan akuisisi kekayaan intelektual dari komunitas akademik UI dengan empat sub-direktoratnya yaitu yaitu Sub Direktorat Pengembangan Inovasi, Sub Direktorat Inkubator Bisnis, dan Sub Direktorat Kekayaan dan Promosi Intelektual dan Sub Direktorat Science Techno Park yang akan membantu hilirisasi hasil inovasi ke industri.

Jadi apa kalian penasaran dengan Sandbox UI ini?



Simak Video "Alasan Epidemiolog UI Minta Vaksin Nusantara Disetop"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia