Mari Jelajahi Lautan Terdalam Bersama Ocean World Science Center!

Tim detikcom - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 14:00 WIB
Wahana Ocean World Science Center Trans Studio Bandung
Foto: dok. TSB
Jakarta - Tahukah kamu dalamnya lautan? Dan apa saja yang ada di dalamnya? Di kesempatan kali ini kita akan mengajak kamu untuk menjelajahi lautan terdalam.

Palung merupakan sebuah bagian dari dasar laut yang sering disebut sebagai jurang laut. Secara umum terdapat banyak palung yang memiliki kedalaman yang berbeda di dunia. Palung yang memiliki kedalaman tertinggi yaitu Palung Mariana (Mariana Trench).

Palung Mariana terletak di dasar barat laut samudera pasifik tepatnya sebelah timur kepulauan Mariana, dekat dengan Filipina dan Jepang. Selain terkenal karena kedalamannya, Palung Mariana memiliki fakta unik banyak hal yang menarik loh untuk dipelajari, daripada penasaran yuk mari cari tahu.

1. Titik Laut Terdalam

Kedalaman palung ini mencapai 11.034 meter (36.201 kaki) di bawah permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2.550 km (1.580 mil) dan lebar 63 kilometer. Telah diketahui kedalaman Palung Mariana lebih luas dari Grand Canyon, bahkan jika Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter berada di dasar palung tersebut, maka puncak Everest masih berada 2.076 meter di bawah permukaan laut.

Bahkan jika kita terjun bebas ke dalamnya, membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk mencapai dasarnya loh.. Jadi kebayang kan dalam dan luasnya seperti apa, hmm menurut kamu kira-kira apakah ada penyelam yang menyelam hingga kedalaman tersebut?

Jawabannya, YA! , siapa saja dan bagaimana kisahnya, mari kita cari tau..

2. Sang Penakluk Laut Terdalam

Untuk menyelam hingga titik terdalam lautan perlu persiapan yang ekstra, pasalnya menyelam hingga titik laut terdalam memiliki resiko yang sangat besar seperti halnya adanya tekanan yang tinggi, suhu yang ekstrem, minimnya cahaya dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah para penyelam yang berhasil mencapai hingga titik laut terdalam :

  • Don Walsh dan Jacques Piccard Dengan Kapal Selam Bathyscaphe Trieste.

23 Januari 1960, Jacques Piccard dan Don Walsh melakukan penyelaman perdananya ke Palung Mariana. Jacques Piccard adalah insinyur dan oceanographer berkewarganegaraan Swiss. Sementara Don Walsh adalah prajurit Angkatan Laut Amerika berpangkat letnan.

Keduanya berhasil menyelami Palung Mariana dengan menghabiskan waktu selama delapan jam. Lima jam saat melakukan perjalanan ke dasar palung, dan tiga jam untuk kembali ke permukaan.

Piccard dan Walsh hanya mampu berada di kedalaman 10.994 meter karena retakan kaca pelindung luar dan dinding wahana yang melengkung.

  • James Cameron Dengan Kapal Selam Deepsea Challenger

26 Maret 2012, sutradara Hollywood, James Cameron menyelam hingga kedalaman 10.898 meter. Dengan menggunakan kapal selam Deepsea Challenger, setidaknya membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai titik kedalaman 10.898 meter.

  • Victor Vescovo dengan Kapal Selam DSV Limiting Factor

13 Mei 2019, Victor Vescovo menjadi orang keempat yang menyelam ke dalam palung terdalam dengan kapal selam DSV Limiting Factor menyelam hingga kedalaman 10.928 meter di bawah permukaan laut dan menghabiskan empat jam menjelajah dasar palung tersebut.

Berikut fakta unik dan menarik mengenai titik laut terdalam, kalau masih penasaran, kamu bisa mengunjungi wahana Ocean World Science Center yang ada
di Trans Studio Bandung untuk mengetahui lebih dalam tentang fakta-fakta unik yang ada di lautan.

Berminat kunjungan ke Ocean World Science Center? Reservasi sekarang juga ke nomor 0811811 2960, dan dapatkan hal-hal menarik lainnya hanya di Trans Studio
Bandung

Simak Video "Kabayan Goes to Hollywood, Pertunjukan yang Menghibur di Trans Studio Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia