Nadiem Makarim Dilantik Kembali, Ini Profil dan Tugas Barunya

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 28 Apr 2021 15:47 WIB
Nadiem Makarim
Foto: Instagram Nadiem Makarim/Nadiem Makarim Dilantik Kembali, Ini Profil dan Tugas Barunya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada hari ini Rabu (28/4/2021).

Selain Nadiem Makarim, Jokowi juga melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi dan Laksana Tri Handoko sebagai kepala badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Biografi Nadiem Makarim Lengkap & Tugas Barunya:

  • Profil

Nadiem Makarim lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie pada 4 Juli 1984 di Singapura. Ayahnya merupakan pengacara yang berasal dari Pekalongan dan ibunya berasal dari pasuruan.

Pada tahun 2014, Nadiem menikah dengan Franka Franklin. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai satu orang putri bernama Solara Franklin Makarim.

  • Sekolah

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Nadiem Makarim menempuh pendidikan menengah atas di United World College of Southeast Asia di Singapura. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan S1 ke jurusan Hubungan Internasional di Brown University di Amerika Serikat.

Selama kuliah, pria berusia 38 tahun ini dikenal aktif. Bahkan, ia sempat mengikuti program pertukaran pelajar di London School of Economics selama satu tahun. Setelah itu, Nadiem Makarim melanjutkan S2 di Harvard Business School, Amerika Serikat jurusan Administrasi Bisnis.

  • Pengalaman Kerja

Nadiem memulai kariernya pada tahun 2006. Kala itu, ia bekerja selama tiga tahun sebagai Konsultan di perusahaan konsultan di Jakarta yang berpusat di Amerika Serikat, yakni McKinsey & Co.

Kemudian, di tahun 2011 ia menjadi Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia selama satu tahun. Selain itu, ia juga menjadi Chief Innovation Officer Kartuku di tahun 2013-2014.

Namanya mulai dikenal saat Nadiem Makarim mendirikan perusahaan ojek online bernama Gojek. Perusahaan yang identik berwarna hijau ini berdiri pada tahun 2011 karena kebiasaannya menggunakan jasa ojek.

Perusahaan yang ia dirikan ini setiap tahunnya semakin berkembang. Pada tahun 2014 Nadiem Makarim pun beruntung mendapatkan dua investor dari perusahaan besar, yakni Redmart Limited dan Zimplistic Pte Ltd.

Prestasi Nadiem Makarim juga tak diragukan lagi. Pada tahun 2017, namanya berhasil masuk dalam majalah Forbes sebagai rising star.

Saat ini perusahaan Go-Jek telah menjadi decacorn. Sebab perusahaan ini telah memiliki nilai valuasi mencapai US$ 10 miliar. Sepak terjangnya ini pun menjadi perhatian banyak orang.

Pada tahun 2019, Nadiem Makarim pun resmi dilantik menjadi Mendikbud. Ia menggantikan Muhadjir Effendy yang dipercaya menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

  • Tugas Baru Nadiem sebagai Mendikbud Ristek:

Dikutip dari laman resmi Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ada beberapa tugas yang harus dijalankan oleh pemimpinnya.

Sebelumnya, kementerian ini dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro. Kemudian, Jokowi memutuskan untuk melebur Kemenristek ke dalam Kemdikbud yang dipimpin oleh Nadiem Makarim. Ini membuat tugas Nadiem bertambah.

Adapun, tugas Kemenristek sebelumnya adalah menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Hal itu dilakukan sebagai tugas membantu presiden menyelenggarakan pemerintah negara.

Kemudian, ada beberapa fungsi dari Ristek yang juga akan menjadi pedoman tugas baru Nadiem Makarim, yakni perumusan dan penetapan kebijakan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi;koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi.

Kemudian memberi pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi. Selain itu, Nadiem Makarim juga harus mengetahui fungsi pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Riset dan Teknologi, serta pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi.

Selamat atas pelantikan Nadiem Makarim!

Simak Video "Pemerintah Siapkan Rp 17 T Beli Laptop Lokal, Ini Penjelasan Nadiem"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia