4 Kegiatan Edukasi Sambil Nunggu Buka Puasa Bareng Anak

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 25 Apr 2021 17:13 WIB
Kedatangan dua anggota TNI AD ke sekolah di Simeulue, Aceh, selalu ditunggu oleh siswa. Pasalnya para TNI itu membawa beragam buku yang menarik untuk dibaca.
Foto: Rifkianto Nugroho/4 Kegiatan Edukasi Sambil Nunggu Buka Puasa Bareng Anak
Jakarta - Sudah dua minggu Ramadhan kita jalani, dan di akhir pekan seperti ini ada baiknya melakukan kegiatan bermanfaat sembari menunggu waktu berbuka. Sambil menunggu buka puasa, ada beberapa kegiatan edukatif dan juga produktif yang bisa diajarkan ke anak.

Apa sajakah kegiatan menunggu berbuka itu?

Berikut kegiatan edukasi dikutip dari Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

  • 1. Mendengarkan Cerita Tentang Tradisi Puasa

Setiap negara dan daerah memiliki tradisi buka puasa yang berbeda-beda. Hal ini menarik untuk diceritakan kepada anak. Sebagai contoh tradisi kenduri di Jawa yaitu berbuka dengan memakan makanan yang dibawa oleh warga sekitar. Selain itu, tradisi dentum 4 meriam di daerah Benteng Saladin di Kairo, Mesir yang menandakan waktunya berbuka.

  • 2. Berbagi Takjil

Kegiatan menunggu berbuka yang dapat diajarkan ke anak adalah berbagi takjil. Kegiatan ini mengajarkan untuk peduli terhadap keadaan sekitar dan sesama. Dengan berbagi anak menjadi mengerti bahwa hal tersebut merupakan kegiatan baik yang diperintahkan oleh Allah SWT.

  • 3. Mengaji dan Membaca Kisah Nabi

Kegiatan menunggu berbuka yang edukatif adalah mengaji dan membaca kisah nabi-nabi. Hal ini baik dilakukan untuk memperdalam ilmu agama dan waktu Ramadhan adalah bulan untuk melakukan hal-hal baik. Orang tua dapat mengajak anak menunggu waktu maghrib dengan mengaji dan membacakan kisah-kisah inspiratif nabi.

  • 4. Olahraga

Agar puasa tetap dijalankan dengan fit dan lancar, olahraga tak boleh lupa dilakukan. Meski sedang berpuasa olahraga dapat juga dapat dilakukan dengan anak. Orang tua dapat mengajarkan anak melakukan olahraga ringan bersama seperti jalan sore atau bersepeda. Olahraga ringan juga dapat dilakukan di dalam rumah misal dengan melihat-lihat video olahraga ringan di Youtube.

Itu tadi adalah kegiatan menunggu berbuka yang edukatif dan produktif. Kegiatan tersebut dilakukan bersama anak-anak, agar anak-anak tidak hanya menghabiskan waktunya bermain gadget dan dapat melakukan kegiatan bermanfaat.

Selamat menunggu waktu berbuka ya!

Simak Video "Kamera DSLR dan Lampu Modifikasi, Alat Tempur Komunitas Fotografi Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia