Kisah 25 Nabi

Kisah Nabi Daud AS: Gunung dan Burung Ikut Bertasbih saat Mendengar Suaranya

Kristina - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 13:00 WIB
Kisah nabi
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Kisah Nabi Daud AS: Gunung dan Burung Ikut Bertasbih saat Mendengar Suaranya
Jakarta - Nabi Daud AS memiliki garis keturunan dengan Nabi Ibrahim AS. Dia lahir dari kalangan Bani Israil tepat setelah masa kenabian Musa AS dan Harun AS.

Kisah nabi Daud AS diceritakan dalam surat Al-Baqarah, surat Al-Anbiya, surat An-Naml, surat Saba', dan surat Shad.

Diceritakan dalam buku Kisah Teladan & Menakjubkan 25 Nabi karangan Ariany Syurfah, nabi Daud AS merupakan seorang yang lahir dari Bani Israil. Pada saat itu mereka dipimpin oleh Raja Thalut.

Sejak kecil Nabi Daud AS terkenal dengan keberaniannya. Hal ini dibuktikan saat ia mengusir hewan buas yang mengganggu ternaknya.

Atas keberanian yang dimiliki nabi Daud, raja Thalut mengajaknya untuk turut berperang melawan Jalut. Atas izin Allah, Nabi Daud AS berhasil mengalahkan bala tentara Jalut. Ia diangkat sebagai panglima perang.

Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 251,

فَهَزَمُوهُم بِإِذْنِ ٱللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُۥدُ جَالُوتَ وَءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلْمُلْكَ وَٱلْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهُۥ مِمَّا يَشَآءُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ ٱللَّهِ ٱلنَّاسَ بَعْضَهُم بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ ٱلْأَرْضُ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ ذُو فَضْلٍ عَلَى ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: "Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam."

Sepeninggalan Raja Thalut, kekuasaan diberikan kepada nabi Daud AS. Selama menjadi raja, ia dikenal dengan sosok bijaksana dan penyayang.



Simak Video "Kisah Nabi Muhammad-Islampedia Siap Temani Harimu di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia