5 Tempat Kuliner Favorit Mahasiswa Yogya, Harga Pas di Kantong Anak Kuliahan

Kristina - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 12:59 WIB
Tempat kuliner di Yogya untuk Mahasiswa
Mie Gacoan, salah satu tempat kuliner favorit mahasiswa di Yogya (Foto: Kristina/detikcom)
Jakarta - Tempat makan atau kuliner harga mahasiswa sudah tidak asing lagi di Yogyakarta. Di mana ada kampus, di situ ada tempat kuliner favorit mahasiswa yang jadi langganan anak kuliahan.

Sebagai pusat berdirinya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, Yogyakarta dikenal dengan pusat kuliner yang ramah mahasiswa. Bagaimana tidak, dengan harga di bawah Rp 20.000 mahasiswa sudah bisa menyantap hidangan lengkap termasuk minuman.

Bahkan, tak jarang makanan dibanderol di bawah Rp 10.000 saja. Porsinya pun tidak diragukan lagi. Dijamin kenyang. Penasaran mana saja tempat favorit mahasiswa Yogya? Simak selanjutnya,

Berikut 5 tempat makan favorit mahasiswa Yogya:

1. Mie Gacoan

Bagi mahasiswa Yogya yang doyan makan pedas pasti akan mudah ditemui di tempat ini saat jam makan. Seperti namanya, menu utama yang disajikan warung makan satu ini adalah mie.

Uniknya, warung Gacoan ini memakai nama makhluk halus untuk penyebutan menunya. Seperti mie angel, mie setan, hingga mie iblis. Begitupun dengan aneka minumannya. Kamu bisa memesan es genderuwo, es tuyul, hingga es pocong dan masih banyak lagi.

Masing-masing menu memiliki level pedas yang bervariasi. Harganya sekitar Rp 10 ribuan saja. Di Yogya terdapat empat cabang mie gacoan. Lokasinya berada di dekat kampus UNY, UGM, UPN dan Taman Siswa.

2. Ayam Preksu

Para penggemar ayam geprek Yogya khususnya mahasiswa biasa merapat ke tempat ini. Nama Preksu sendiri diambil dari singkatan geprek & susu. Menu yang disajikan mulai dari ayam geprek original, ayam geprek keju, dan ayam geprek bakar.

Harga bekisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribuan saja. Untuk nasi bisa ambil sepuasnya. Selain itu, ada juga menu pelengkap seperti jamur crispy, terong crispy, dan menu lainnya.

Ayam Preksu telah berdiri sejak 5 tahun lalu. Saat ini, sudah ada lima cabang yang tersebar di Yogya. Lokasinya berada di sekitar kampus UNY, UGM, STIE YKPN, dan AMIKOM.

"Kini Preksu telah memiliki 5 cabang di Jogja dan 1 cabang di Malang. In syaa Allah kami akan terus berkembang," tulisnya seperti dikutip dalam laman Preksu.

Setiap hari Senin dan Kamis, Preksu memberikan slot gratis makan menu prekteh (geprek dan teh) bagi yang seharian berpuasa sunnah. Selain itu, di hari Jumat, juga hadir lagi khusus untuk pelanggan yang membaca surah Al Kahfi.

3. Warung Kopi Klotok

Di akhir pekan, mahasiswa Yogya akan berkunjung ke sisi utara Yogya. Tepatnya di lereng Gunung Merapi untuk menikmati udara segar sekaligus menyantap hidangan ndeso. Tidak lain adalah warung Kopi Klotok.

Warung Kopi Klotok menyediakan menu masakan dan minuman tradisional Jawa khususnya Yogyakarta. Seperti lodeh kluwih, lodeh terong, tahu bacem hingga sego megono.

Harga yang ditawarkan juga ramah untuk kantong mahasiswa. Untuk lauk pauk bekisar antara 2-5 ribuan saja dengan nasi bisa ambil sepuasnya. Selain itu, ada juga jajanan ndeso yang bikin nagih. Seperti jadah goreng dan pisang goreng. Harganya 6 ribuan saja untuk satu porsinya.

Jarak Kopi Klotok dari kampus UII cukup dekat. Sekitar 3 kilometer saja atau memakan waktu perjalanan kurang dari 10 menit.

4. House of Raminten

Siapapun yang sudah pernah berkunjung ke Yogya pasti tak asing dengan nama tempat makan satu ini, Raminten House. Tak hanya diramaikan oleh pengunjung luar Yogya saja, tapi para mahasiswa juga suka makan di sini.

House of Raminten menyediakan aneka hidangan tradisional jawa yang didesain dengan konsep angkringan. Seperti diketahui kota Yogyakarta khas dengan angkringan atau gerobak dorong yang digunakan untuk menjual berbagai makanan di malam hari.

Menu yang disajikan seperti nasi kucing, brongkos, sate usus, tahu tempe bacem, ayam bacem, dan masih banyak lainnya. Selain itu, di beberapa cabang Raminten juga menyediakan makanan yang cukup bervariasi. Harganya pun cukup bervariasi. Ada yang dibawah Rp 10 ribuan hingga di atas Rp 20 ribuan.

5. Angkringan Pak Panut

Terakhir, mahasiswa dari berbagai kalangan sudah tidak asing lagi dengan angkringan satu ini. Angkringan Pak Panut berlokasikan di Gor Klebengan. Tepatnya di sisi utara UGM dan UNY.

Angkringan ini menyediakan nasi kucing dengan aneka lauk seperti sate, tahu bacem, tempe bacem, kepala ayam dan masih banyak menu lainnya. Harga menu angkringan terjangkau. Semua menu di bawah Rp 5 ribu.

Angkringan ini buka setiap hari mulai dari siang hari. Saat dikunjungi kembali oleh detikEdu pada Jumat, (9/4/2021) angkringan Pak Panut sedang libur. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang penjaga kios di Gor Klebengan.

"Pak Panut libur. Sudah dua hari ini," tuturnya.

Itu tadi 5 tempat makan favorit mahasiswa Yogya. Lokasinya tidak jauh dari kampus dengan harga yang cukup terjangkau.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Ayam Ingkung Jogja yang Melegenda"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia