Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia, Maudy Ayunda Termasuk Alumninya

Lukita Wardani - detikEdu
Minggu, 20 Des 2020 08:00 WIB
Maudy Ayunda saat merayakan kelulusannya
Maudy Ayunda artis Indonesia yang menyelesaikan pendidikan di Universitas Oxford, universitas terbaik di dunia 2020.Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Memilih universitas yang bagus untuk melanjutkan pendidikan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi kamu yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mau melanjutkannya di luar negeri pasti perlu mencari tahu lebih detail perguruan tinggi mana terbaik bagi kamu. Mau tahu mana saja kampus yang dinyatakan sebagai universitas terbaik dunia 2020?

Times Higher Education World University Rankings 2020 yang mencakup hampir 1.400 universitas di 92 negara memberikan peringkat universitas terbaik di dunia. Peringkat rangking yang dirilis ini berdasarkan 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat mengenai mengukur kinerja institusi dalam pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Berikut top 10 universitas terbaik di dunia 2020:

1. University of Oxford

Universitas ini berada di United kingdom, Inggris dan memiliki 20.664 mahasiswa dengan rasio 46 persen perempuan, 54 persen laki-laki. Ini adalah tahun keempat Universitas Oxford menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas ini jadi atensi di Indonesia karena artis Maudy Ayunda merupakan salah satu lulusannya. Bahkan Maudy menjadi orang Indonesia pertama yang lulus dari jurusan PPE (Philosphy, Politics and Economics) di Universitas Oxford.

Oxford University sukses dinobatkan sebagai universitas paling top di dunia menurut Times Higher Education (THE).Universitas Oxford. Foto: Carl Court/Getty Images

2. California Institute of Technology

Biasa diikenal dengan Caltech, California Institute of Technology merupakan universitas swasta yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan, terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Memiliki 2.240 mahasiswa dengan rasio 34 persen perempuan dan 66 persen laki-laki, pada tahun ini California Institute of Technology naik tiga peringkat di daftar universitas terbaik dunia 2020 dari tahun sebelumnya.

3. University of Cambridge

Pada tahun 2020 ini universitas yang terletak di Inggris ini harus turun satu peringkat ke peringkat ketiga urutan universitas terbaik di dunia. Universitas Cambridge memiliki 18.978 mahasiswa dengan rasio 47 persen perempuan dan 53 persen laki-laki. Universitas terbaik di dunia ini telah menghasilkan banyak alumni ternama di antaranya Pangeran Charles, Rachel Weisz, Lily Cole, dan Emma Thompson.

Calon mahasiswa Universitas Cambridge harus ikuti tes tertulisUniversitas Cambridge Foto: BBC Magazine

4. Stanford University

Universitas Stanford berada di urutan keempat urutan universitas terbaik dunia 2020. Universitas swasta ini terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan 30 km di timur laut San Jose di wilayah Santa Clara. Universitas Stanford memiliki 16.135 mahasiswa dari berbagai negara dengan rasio 43 persen perempuan dan 57 persen laki-laki. Dan universitas ini memiliki tujuh jurusan di antaranya hukum, kedokteran, teknik, bisnis serta pendidikan.

5. Massachusetts Institute of Technology

Institut Teknologi Massachusetts adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. Peringkat kelima di daftar universitas terbaik di dunia ini memiliki 11.247 mahasiswa dengan rasio perbandingan 39 persen perempuan 61 persen laki-laki.

6. Princeton University

Universitas Princeton berlokasi di Princeton, New Jersey. Universitas ini merupakan institusi pendidikan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat. Princeton memiliki jurusan arsitektur, teknik, dan hubungan internasional dan publik baik prasarjana maupun sarjana. Universitas Princeton memiliki 7.983 mahasiswa dengan rasio 45 persen perempuan dan 55 persen laki-laki.

Harvard University / UniversitasHarvard University Foto: Dok. Harvard University

7. Harvard University

Terkenal sebagai universitas top dunia, Universitas Harvard berada di urutan ketujuh daftar kampus terbaik di dunia. Universitas Harvard terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan merupakan anggota Ivy League. Universitas ini memliki 20.823 mahasiswa dengan rasio 49 persen perempuan dan 51 persen laki-laki.

Harvad University sempat menjadi perbincangan di Indonesia karena selebritis Maudy Ayunda diterima di kampus tersebut untuk meneruskan pendidikan masternya. Dia juga sempat bimbang antara dua pilihan yaitu Universitas Harvard atau Stanford. Pada akhirnya Maudy memilih Universitas Stanford.

8. Yale University

Didirikan sejak tahun 1701 sebagai Collegiate School, Universitas Yale merupakan institusi pendidikan tertua di Amerika Serikat yang berlokasi di New Haven, Connecticut. Universitas Yale memiliki 12.402 mahasiswa dengan rasio 50 persen perempuan, 50 persen laki-laki. Deretan orang terkenal yang merupakan lulusan Universitas Yale di antaranya Bill dan Hillary Clinton, Lupita Nyong'o, Meryl Streep dan George W. Bush.

9. The University of Chicago

Berada di urutan ke-9 universitas terbaik dunia, Universitas Chicago memiliki 13.833 mahasiswa. Kampusnya berlokasi di tepi danau Michigan dan Chicago Loop, Kota Chicago, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan oleh seorang pengusaha minyak yang dermawan bernama John D.

10. Imperial College London

Perguruan tunggu negeri riset di Inggris ini memiliki mahasiswa sebanyak 16.760 dengan rasio 38 persen perempuan dan 62 persen laki-laki. Imperial College London yang didirikan oleh Pangeran Albert ini memiliki beberapa tiga bidang yaitu sains, perdagangan dan seni. Dari bidang tersebut dibagi menjadi empat fakultas, sains, teknik, kedokteran dan bisnis. Kampus utama Imperial College London berada di Kensington Selatan.

Itulah 10 universitas terbaik di dunia 2020. Mana dari 10 universitas di atas yang menurut kamu terbaik?



Simak Video "Naik Pesawat Diklaim Lebih Aman Dibanding Belanja di Supermarket"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia