Christine Hakim Jadi Pakar Mikologi di The Last of Us, Apa Itu?

Christine Hakim Jadi Pakar Mikologi di The Last of Us, Apa Itu?

Pasti Liberti Mappapa - detikEdu
Rabu, 25 Jan 2023 07:00 WIB
The Last of Us episode 2.
Christine Hakim memerankan sosok Profesor Ratna pakar mikologi Universitas Indonesia Foto: dok. HBO
Jakarta -

Nama aktris senior Christine Hakim dan Jakarta mengemuka di media sosial saat serial HBO The Last of Us mulai ditayangkan 16 Januari 2023 lalu.

Ia memerankan profesor mikologi dari Universitas Indonesia yang bernama Ratna. Ratna membantu aparat negara mengidentifikasi sesosok mayat yang ditemukan terinfeksi jamur cordyceps dengan kepakarannya.

Apa Itu Mikologi?

Mikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu mengenai fungi atau jamur.

Dikutip dari buku Mikologi Dasar dan Terapan yang disusun Indrawati Gandjar Roosheroe dkk, berbagai hal tersebut berupa anatomi, morfologi, fisiologi, genetik, taksonomi, dan ekologi.

Selain itu, mikologi juga mempelajari aplikasi jamur baik yang menguntungkan maupun yang merugikan bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

Mikologi berasal dari kata mykes yang artinya jamur dan logos yang artinya ilmu dalam bahasa Yunani. Namun menurut Constantine John Alexopoulos, ahli mikologi dari University of Texas, Amerika Serikat, istilah mikologi kurang tepat.

Istilah yang sesuai adalah mycetology. Berdasarkan tatabahasa Yunani, mykes seharusnya dituliskan dengan myceto.

Menurut Indrawati, pakar mikologi dari UI, fungi sudah lama dikenal manusia dan dimanfaatkan sebagai penyedap pangan, obat, dan lainnya. Hal ini membuat seorang ahli botani berbangsa Italia Pier Antonio Micheli melakukan penelitian sistemik fungi.

Micheli kemudian mempublikasikan bukunya berjudul Nova Plantarum Genera pada 1729 dan dia dianggap sebagai orang pertama yang meletakkan sains mikologi.

Pakar Mikologi Indonesia

Sosok guru besar bidang Mikologi di Indonesia rupanya tak hanya ada dalam serial The Last of Us. Indonesia juga punya pakar mikologi, yaitu Indrawati Gandjar Roosheroe, mantan guru besar Departemen Biologi FMIPA UI.

Dikutip dari laman Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Indrawati Gandjar lahir di Makassar 16 Juli 1933. Ia menyelesaikan studi Sarjana Biologi (Jurusan K) Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) Universitas Indonesia di Bandung.

Kemudian ia meraih gelar Doctoranda Biologie dari faculteit Wis and Natuurkunde, Rijksuniversiteit Utrecht, Belanda dan Doktor Biologi dari Institut Teknologi Bandung. Indrawati pun memperdalam pengetahuan di bidang Mikologi.

Indrawati merupakan kurator University of Indonesia Culture Collection (UICC), yang sudah terdaftar di World Federation of Culture Collections (WFCC) sejak 1980-2002.

Nama Indrawati juga diabadikan sebagai nama bakteri yang ditemukan peneliti Departemen Biologi UI dan Jepang di sekitar geiser Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat beberapa tahun lalu.

Bakteri tersebut dinamakan Gandjariella thermophila, sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi besar Indrawati dalam dunia mikrobiologi.

Simak Video '3 Hal yang Membuat 'The Last of Us' Spesial Bagi Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(pal/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia