Dikenal sebagai Planet Kering, Mars Pernah Dilanda Tsunami Dahsyat!

Dikenal sebagai Planet Kering, Mars Pernah Dilanda Tsunami Dahsyat!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 09 Des 2022 06:30 WIB
Mars the red planet black background
Planet Mars (Foto: Getty Images/iStockphoto/Martin Holverda)
Jakarta -

Sebagai planet yang dikenal kering kerontang, ternyata Mars pernah dilanda tsunami dahsyat 3,4 miliar tahun lalu lho, detikers. Kemungkinan bencana ini terjadi ketika batuan luar angkasa purba menghantam permukaan Mars dan mengakibatkan terbentuknya kawah.


Studi tersebut didasarkan dari penelitian terbaru oleh ilmuwan Amerika Serikat. Ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang mengungkap dampak asteroid atau komet yang jatuh di lautan dataran rendah utara planet Mars mungkin menyebabkan tsunami yang dahsyat.

Meski sejalan, penelitian terbaru lebih mengidentifikasi kawah tumbukan yang jadi penyebab tsunami di Mars miliaran tahun lalu. Kawah itu disebut dengan Pohl, diameternya sebesar 110 kilometer dan terletak di dataran rendah utara Mars.

Kawah Pohl Dulunya Lautan

Lokasi tersebut diyakini oleh para ilmuwan pada penelitian sebelumnya tertutup oleh lautan. Dalam penelitian terbaru, ilmuwan memperkirakan kawah terbentuk sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu, seperti disebutkan pada laman Nature World News.

Penelitian itu menunjukkan kemungkinan dampak asteroid Mars juga menyebabkan keterkaitan yang serupa dengan serangan asteroid Chicxulub, asteroid yang meluluh lantakkan spesies dinosaurus di Bumi pada 66 juta tahun yang lalu.

Tabrakan dari Chicxulub tergolong sebagai peristiwa kepunahan massal terbaru dalam sejarah geologi.

Asteroid Jadi Penyebab Tsunami di Mars

Studi mengenai jatuhnya asteroid di Mars dan tsunami diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports. Para peneliti dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), Planetary Science Institute, dan rekan mereka menjelaskan telah menemukan kawah yang jadi penyebab tsunami dahsyat di Mars 3,4 miliar tahun yang lalu dari sebuah asteroid.

Para peneliti menegaskan, serangan asteroid Mars ini mirip dengan penabrak Chicxulub yang baru-baru ini ditemukan dalam penelitian lain telah menyebabkan mega tsunami saat menghantam Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Penulis studi menganalisis peta permukaan Mars yang memungkinkan dengan menggabungkan gambar dari misi Mars sebelumnya dan mengarah pada identifikasi kawah tumbukan Pohl yang menyebabkan mega tsunami.



Simak Video "Eksplorasi Mars Berujung Menyisakan Sampah Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia