'Goblin Mode' Jadi Kata Tahun Ini Versi Oxford, Apa Sih Artinya?

'Goblin Mode' Jadi Kata Tahun Ini Versi Oxford, Apa Sih Artinya?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 08 Des 2022 10:00 WIB
Lord Adalah Apa Artinya: Makna hingga Sejarahnya
Foto: Ilustrasi kamus (DW)/ Ilustrasi 'Goblin Mode' Jadi Kata Tahun Ini Versi Oxford, Apa Sih Artinya?
Jakarta -

Pertama kalinya dalam sejarah, kamus Oxford mempersilakan publik untuk melakukan voting Word of the Year atau Kata Tahun Ini. Istilah yang keluar sebagai pemenang adalah 'goblin mode'.

Kata tersebut menjadi jawara setelah menang telak 318.956 suara, 93% dari total pemilih seperti dilaporkan oleh BBC.

Apa Itu 'Goblin Mode'?

Istilah 'goblin mode' adalah sebuah slang (ragam bahasa tidak baku) yang menggambarkan perilaku memanjakan diri sendiri, malas, jorok, atau serakah. Menurut Oxford University Press yang menerbitkan Oxford English Dictionary, goblin mode sering digunakan dalam ungkapan, "I am in goblin mode," yang artinya, "Saya sedang berada di mode goblin."

Istilah ini mulai muncul secara online pada 2009, tetapi viral pada tahun ini. Penyebab viralnya adalah skandal yang melibatkan aktris Julia Fox dan postingan populer Reddit yang menggambarkan seseorang yang bertingkah seperti goblin.

'Metaverse' di Posisi Kedua

Setelah pembatasan COVID-19 mereda, 'goblin mode' terus populer khususnya karena orang menyadari bahwa mereka tidak ingin kembali ke gaya hidup yang sebelumnya.

Sebuah majalah PC Gamer bahkan meminta orang-orang untuk memilih 'goblin mode' sebagai Oxford Word of The Year, alih-alih 'metaverse'.

Presiden Oxford Languages, Casper Grathwol mengaku terkejut dengan animo publik atas voting Kata Tahun Ini. "Mode goblin relevan dengan kita semua yang sedikit kewalahan pada saat ini. Sungguh melegakan untuk bisa mengakui bahwa kita tidak selalu menjadi diri yang diidealkan," kata dia.

Mengikuti 'goblin mode', kata 'metaverse' menempati posisi kedua Kata Tahun Ini versi kamus Oxford. Istilah 'metaverse' memperoleh suara 14.484 suara publik. Pada posisi ketiga, ada hashtag #IStandWith yang mendapatkan 8.639 suara.

Sementara, pada tahun lalu pemenang Word of The Year versi kamus Oxford adalah vax. Kata ini menggemakan minat terhadap vaksin setelah vaksin COVID-19 dirilis.



Simak Video "Vaksin Covid-19 Semprot Hidung AstraZeneca-Oxford Gagal Uji Coba "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia