7 Perbedaan Keyboard dan Piano, Siswa Tahu Nggak?

7 Perbedaan Keyboard dan Piano, Siswa Tahu Nggak?

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 06 Des 2022 09:30 WIB
Mantan tahanan politik 1965, Bedjo Untung bersantai di rumahnya di Tangerang, Banten.
Perbedaan Keyboard dan Piano. (Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Siswa, tahukah kamu perbedaan keyboard dan piano? Keyboard dan piano adalah dua alat musik yang dimainkan dengan tenang.

Serupa tapi tak sama, keyboard dan piano memiliki beberapa perbedaan, lho. Ini daftar perbedaan keyboard dan piano dilansir dari Instagam Kemendikbudristek RI dan laman Yamaha Indonesia.

7 Perbedaan Keyboard dan Piano

1. Ukuran

Perbedaan keyboard dan piano yang pertama adalah pada ukuran kedua alat musik ini. Piano memiliki bentuk yang cukup besar dibanding keyboard.

Selain itu juga, piano memiliki tiga pedal kaki pada bagian bawah yang tidak terdapat pada keyboard. Meski demikian, keyboard lebih mudah dipindahkan karena berukuran lebih kecil.

2. Tombol

Perbedaan keyboard dan piano yang kedua terletak di banyaknya tombol nada atau tuts yang ada pada masing-masing alat tersebut. Piano memiliki jumlah tuts 88 buah, sementara pada keyboard terdapat 61 sampai 76 tuts saja.

3. Suara yang Dihasilkan

Perbedaan keyboard dan piano selanjutnya adalah dari cara kerja kedua alat musik ini. Pada piano, setiap kali kamu menekan tuts, maka akan ada palu kayu yang memukul senar dan menghasilkan resonansi pada badan piano di bagian dalamnya. Resonansi ini adalah suara atau nada yang dapat didengar dari sebuah piano.

Sementara keyboard dapat membuat berbagai macam suara dari berbagai instrumen atau alat musik sesuai dengan kebutuhan. Bahkan keyboard juga sering kali bisa terhubung dengan perangkat lunak untuk kebutuhan produksi.

4. Kualitas Sentuh

Perbedaan yang dirasakan selanjutnya adalah kualitas sentuh dari masing-masing alat musik. Perbedaan ini bisa kamu rasakan saat kamu menekan tuts dan membuat sebuah kunci keyboard atau piano.

Sementara keyboard memiliki tuts yang lebih ringan. Kualitas sentuh tidak akan berpengaruh pada keyboard. Hal tersebut karena pada keyboard mulai dari volume, dinamika atau suara yang dihasilkan bisa kamu atur melalui beberapa tombol pengaturan.

5. Cara Kerja

Perbedaan keyboard dan piano selanjutnya adalah dari cara kerja kedua alat musik ini. Pada piano, setiap kali menekan tuts, maka akan ada palu kayu yang memukul senar dan menghasilkan resonansi pada badan piano di bagian dalamnya. Resonansi ini adalah suara atau nada yang dapat kamu dengar dari sebuah piano.

Sementara keyboard yang merupakan alat musik digital yang membutuhkan listrik, suaranya dihasilkan melalui synthesizer dan bukan dari palu serta senar.

6. Daya Tahan dan Perawatan

Perbedaan berikutnya adalah perawatan dan daya tahan. Dari segi daya tahan piano memiliki daya tahan yang lebih baik. Menurut situs Merriam Music pada tahun 2013 ada sebuah piano berusia 240 tahun, yang pernah dimiliki oleh Duke of Wellington pada konser di Apsley House di London.

Sementara keyboard umumnya tidak memiliki daya tahan sepanjang piano. Namun untuk perawatan, keyboard jauh lebih mudah dari piano.

7. Harga

Terakhir, perbedaan keyboard dengan piano adalah harga. Piano memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan keyboard.

Harga sebuah piano berkisar mulai dari jutaan sampai ratusan ribu rupiah. Sementara untuk keyboard, memiliki harga yang lebih murah, mulai dari jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah.

Nah, itulah perbedaan keyboard dengan piano. Pernah main alat musik tersebut, detikers?



Simak Video "Gempi Juara Lomba Piano, Gisel: Padahal Kalau Latihan Suka Malas"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia