Mengenal Apa Itu Elektroskop: Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Elektroskop: Fungsi dan Cara Kerjanya

Putri Tiah Hadi Kusuma - detikEdu
Jumat, 02 Des 2022 06:20 WIB
UNITED KINGDOM - APRIL 10:  The first electroscope was devised by Abraham Bennet in 1786. This improved version was developed by William Ayrton (1847-1908), who was responsible for inventing numerous prototypes of modern electrical measuring instruments. Gold leaf electroscopes are used to indicate and measure small electric charges. They usually consist of two gold leaves which diverge because of the repulsion of like charges.  (Photo by SSPL/Getty Images)
Foto: Elektroskop (SSPL via Getty Images/Science & Society Picture Library)
Jakarta -

Elektroskop secara sederhana dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak, demikian dikutip dari buku Mudah Menguasai Fisika SMP Kelas 3 oleh Redaksi Kawan Pustaka.

Selain itu elektroskop yang bermuatan listrik dapat digunakan menyelidiki daya antar listrik suatu benda.

Pengertian Elektroskop

Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui muatan listrik suatu benda. Elektroskop juga dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda.

Bagian elektroskop terdiri atas bagian dalam dan bagian luar. Pada bagian dalam terdapat dua buah batang atau keping yang dapat bergerak bebas dan biasanya terbuat dari emas atau foil (disebut juga daun elektroskop). Pada bagian luarnya, terdapat sebuah bola konduktor yang dipisahkan dengan bagian lainnya oleh bahan isolator, demikian dikutip dari Buku Pintar Fisika oleh Dr Efrizon Umar.

Fungsi Elektroskop

Fungsi elektroskop ada dua sebagaimana mengutip buku Persiapan Ujian Nasional Oleh PT Grafindo Media Pratama

1. Untuk mengetahui ada tidaknya muatan listrik pada sebuah benda. Daun elektroskop akan terbuka bila disentuh pada benda bermuatan listrik.

2. Untuk mengetahui jenis muatan listrik. Daun elektroskop akan terbuka jika disentuhkan benda bermuatan sejenis dan tertutup bila disentuh dengan benda bermuatan tidak sejenis.

Cara Kerja Elektroskop

Benda yang semula tidak bermuatan listrik dapat bermuatan listrik ketika ada perlakuan fisika. Salah satu perlakuan fisika adalah penggosokkan.

Benda yang digosokkan pada penggosok akan mengalami dua kemungkinan, elektron berpindah dari penggosok ke benda yang digosokkan dan elektron berpindah benda yang digosokkan ke penggosok, demikian dikutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Sadiman, SPd.

Untuk membuktikan hasil perlakuan fisika ini membutuhkan alat pendeteksi, yaitu elektroskop.

Cara kerja elektroskop yaitu: benda yang akan diperiksa keberadaan muatan listrik didekatkan ke kepala elektroskop yang tidak bermuatan listrik pada benda berpindah-pindah ke kepala elektroskop.

Muatan listrik dialirkan ke setiap daun elektroskop melalui batang. Aliran ini mengakibatkan terjadinya akumulasi muatan listrik sejenis pada setiap daun elektroskop. Selanjutnya akan terjadi tolak-menolak diantara daun elektroskop yang ditandai dengan mengembangnya daun elektroskop.

Misalnya, sebuah benda bermuatan listrik positif didekatkan pada kepala elektroskop, maka muatan negatif di bawah (foil) akan naik menuju ke kepala elektroskop karena ditarik oleh muatan positif dari benda bermuatan tersebut. Karena muatan-muatan negatif naik ke kepala elektroskop, maka foil akan akan bermuatan positif. Kaki kiri dan kanan foil bermuatan positif, sehingga terjadi terjadi gaya tolak antara kaki-kaki tersebut. Akibatnya foil akan mekar.

Sebaliknya juga dengan benda yang bermuatan negatif didekatkan ke kepala elektroskop, maka muatan di bagian kepala akan turun menuju menuju kaki foil karena ditolak oleh muatan negatif dari benda bermuatan tersebut. Karena muatan-muatan negatif, kaki kiri dan kanan foil bermuatan negatif, sehingga terjadi gaya tolak menolak antara kaki tersebut dan mengakibatkan kaki foil akan mekar. Penjelasan tersebut dikutip dari buku Fisika 3 SMP Kelas IX oleh Prof Dr Mundilarto, MPd dan Drs Edi Istiyono, MSi.

Semoga kini bisa paham soal elektroskop ya detikers...



Simak Video "RI Subsidi Rp 80 Juta untuk Mobil Listrik, Bagaimana Negara Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia