Mengenal Suku-suku di Indonesia Berdasarkan Pulaunya

Mengenal Suku-suku di Indonesia Berdasarkan Pulaunya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 30 Nov 2022 14:00 WIB
Suku Dayak
Foto: kemenpar
Jakarta -

Jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai belasan ribu. Masing-masing suku memiliki ciri khasnya tersendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kode data SP2010 tersedia 1331 kategori suku di Indonesia. Jumlah 1331 merupakan kode untuk nama suku, nama lain/alias suatu suku, nama sub suku, dan nama sub dari sub suku.

Dari sekian banyak suku bangsa, detikEdu akan membahas beberapa di antaranya berdasarkan pulaunya. Merangkum dari buku IPS Terpadu tulisan Nana Supriatna, Mamat Ruhimat dan Kosim, berikut pemaparannya.

Suku-suku Indonesia Berdasarkan Pulaunya

1. Pulau Sumatera

a. Suku Aceh

Aceh merupakan wilayah yang pertama kali dimasuki ajaran Islam, oleh karenanya daerah ini memiliki sebutan Serambi Mekah. Suku bangsa Aceh terdiri atas Gayo dan Aceh itu sendiri.

b. Suku Batak

Suku Batak mendiami wilaya Sumatera Utara dan terbagi atas Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Karakteristik budaya Batak yakni adanya marga. Biasanya, marga orang Batak terlihat dari nama yang digunakannya, seperti Akbar Tanjung (berarti bermarga Tanjung) atau Abdul Haris Nasution (berarti bermarga Nasution).

c. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau menempati wilayah Provinsi Sumatera Barat dan sering disebut suku bangsa Padang. Karakteristik dari tata kehidupan sosial budaya suku Minang terlihat dari bentuk rumah penduduknya yang dinamakan Rumah Gadang.

2. Pulau Jawa

a. Suku Betawi

Suku Betawi menempati wilayah DKI Jakarta dan merupakan penduduk asli daerah tersebut. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Betawi dengan dialek yang dipengaruhi budaya Cina, Arab, dan Eropa.

b. Suku Sunda

Selanjutnya ialah suku Sunda. Suku ini menempati hampir seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. Suku Sunda terbagi menjadi dua, yaitu Sunda Priangan dan Sunda Banten.

Ciri khas dari suku Sunda dapat dilihat dari bahasa, bentuk rumah, sistem kekerabatan dan kesenian. Bahasa yang digunakan yaitu bahasa Sunda.

c. Suku Jawa

Suku Jawa mendiami wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Jawa dengan beberapa macam dialek seperti dialek Semarang, Surakarta, dan Surabaya.

Mata pencaharian masyarakat suku Jawa cukup bervariatif, mulai dari bertani, industri, hingga sektor jasa.

3. Pulau Kalimantan

Di Kalimantan, suku bangsa yang utama ialah Dayak. Penduduknya menggunakan bahasa Dayak, mereka terkenal sebagai pengayam kulit rotan. Hasil kerajinan suku Dayak banyak tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, seperti tikar, keranjang, dan topi.

4. Pulau Bali

Sesuai dengan nama pulaunya, suku Bali menempati Pulau Bali. Tata budaya masyarakat suku Bali banyak diwarnai oleh pengaruh budaya Hindu dan Budha.

Masyarakat Bali mengenal sistem kasta, sebuah sistem yang dianut oleh mereka yang memeluk agama Hindu. Kasta tertinggi ke terendah terdiri atas Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

5. Papua

a. Suku Asmat

Suku Asmat merupakan suku yang menetap di Papua bagian selatan. Mereka terkenal dengan keuletannya membuat ukiran patung. Seni tersebut cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Suku Asmat banyak tinggal di rumah-rumah panggung yang dinamakan tysem. Pemimpin suku Asmat dianggap sederajat dengan warga-warga lain, namun ia harus lebih pandai dan ahli dalam suatu aktivitas tertentu.

b. Suku Dani

Suku Dani banyak mendiami di wilayah Pegunungan Jaya Wijaya. Suku ini memiliki tradisi unik yang disebut Bakar Batu.

c. Suku Arfak

Suku lainnya yang ada di Papua ialah suku Arfak. Suku bangsa tersebut banyak menetap di Anggi Manokwari.

6. Kepulauan Maluku

a. Suku Ambon

Suku Ambon mendiami Provinsi Maluku. Suku ini dikenal aktif melaut karena kondisi geografis di wilayah Maluku berupa kepulauan.

Ciri khas suku Ambon adalah penggunaan alat musik tifa. Tifa mirip dengan gendang yang dimainkan dengan cara dipukul.

b. Suku Ternate

Suku Ternate banyak menetap di wilayah Pulau Ternate, Pulau Obi atau Pulau Bacan. Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani atau nelayan.

7. Sulawesi

a. Suku Minahasa

Suku ini cukup terkenal dan mendapat sebutan orang Manado. Suku Minahasa mendiami seluruh wilayah Sulawesi bagian utara.

b. Suku Toraja

Suku Toraja banyak ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan. Suku tersebut terkenal budayanya yang menyimpan jenazah di dalam gua-gua tebing.

c. Suku Bugis

Di Pulau Sulawesi terdapat suku Bugis yang jumlah populasinya 2,7% dari populasi Indonesia. Suku Bugis mendiami provinsi Sulawesi Selatan.



Simak Video "Peneliti Temukan Sisa Peradaban Besar Suku Maya di Guatemala"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia