Fosil Semut Tentara Tertua, Usianya Mencapai 35 Juta Tahun!

Fosil Semut Tentara Tertua, Usianya Mencapai 35 Juta Tahun!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Senin, 28 Nov 2022 09:30 WIB
Semut tentara tertua, usianya 35 juta tahun!
Fosil semut tentara, berusia 35 juta tahun Foto: (Repro NewScientist)
Cambridge -

Semut tentara tertua di dunia ditemukan dalam batu amber Baltik berusia 35 juta tahun. Temuan tersebut membuktikan bahwa spesies yang sering terlihat di Afrika dan Amerika Selatan juga menyambangi benua Eropa.

"Kami tak mengira mereka ada di Eropa. Sebenarnya sama sekali tidak pernah terdengar menemukan semut tentara di Eropa, tapi sekarang kita menemukannya bahkan usianya jutaan tahun lalu," kata Christine Sosiak, peneliti dari New Jersey Institute of Technology, dikutip dari NewScientist.

Semut tentara merupakan predator agresif dan terbilang bahaya. Bahkan hewan ini dijuluki sebagai semut mematikan di dunia.

Fosil Semut Tersimpan di Universitas Harvard

Penemuan semut tentara tertua ini tidak terduga. Sosiak menceritakan, dirinya tengah menyelidiki fosil semut yang terjebak dalam batu amber yang disimpan di Universitas Harvard sejak tahun 1930-an.

Lalu, ketika dirinya tengah mempelajari koleksi-koleksi fosil semut, Sosiak justru menemukan spesimen yang salah diidentifikasi sebagai anggota genus Platythyrea yang umum.

"Saya meletakkannya di bawah mikroskop dan berpikir kalau ini sesuatu yang sama sekali baru, sesuatu yang sangat aneh dan menarik," ungkapnya.

Dengan menggunakan fotografi dan pemindaian CT mikroskopis, peneliti membuat gambar beresolusi tinggi dan model 3D dari semut berwarna coklat berkilau yang terawetkan. Kemudian, mereka baru menyadari bahwa spesimen fosil semut tentara itu tak memiliki mata, rahang runcing tajam, satu ruas pinggang, dan kelenjar besar yang hendak mengeluarkan cairan pelindung untuk hidup di bawah tanah.

Seperti semut tentara di era modern, semut purba tersebut berburu dalam kawanan besar dan menyerang menggunakan jalur feromon serta menjalani kehidupan nomaden dengan membangun sarang bawah tanah jangka pendek.

Alasan Semut Tentara Purba Terjebak hingga Membatu

Menurut Sosiak, alasan semut tentara tersebut terjebak dan membatu di batu amber ialah karena tersesat. Setelahnya, ia kehilangan jejak feromon.

"Saat pergi sedikit jauh ia justru terjebak dalam resin pohon," terang Sosiak.

Tim peneliti menamai semut tersebut dengan Dissimuodorylus perseus, ini didasarkan kata latin dissimulo yang artinya menyembunyikan. Penamaan ini dikarenakan serangga tersebut tidak diketahui oleh para ilmuwan selama lebih dari 80 tahun.

Selain itu, kata perseus mengacu pada mitologi Yunani yang mengalahkan Medusa tanpa mampu melihatnya Penemuan ini menjadi fosil semut tentara kedua yang dikonfirmasi.

Sebelumnya, terdapat spesies lain yang dikenal dengan nama Neivamyrmex ectopus. Fosil tersebut berusia 16 juta tahun dari Republik Dominika.

Walau tak terduga, penemuan semut tentara di Eropa terbilang masuk akal. Sebab, pada masa itu iklim Eropa lebih hangat dan lebih basah.

tag
semut
semut tentara
hewan
penelitian
fosil
purba



Simak Video "Studi Terbaru Ungkap Perkiraan Jumlah Semut di Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia