Buku Panduan Pramuka Diduga Sebabkan Anggapan Tak Boleh Renang setelah Makan

Buku Panduan Pramuka Diduga Sebabkan Anggapan Tak Boleh Renang setelah Makan

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 28 Nov 2022 13:30 WIB
Buku Panduan Pramuka AS 1911
Foto: (Via scoutstuff4sale.com)
Jakarta -

Apakah detikers pernah mendengar anjuran untuk tidak langsung berenang setelah makan?

Ada anggapan sebagian orang bahwa darah yang mengalir ke saluran cerna setelah makan, mencuri darah yang dibutuhkan untuk lengan dan tungkai saat berenang. Menurut pakar pengobatan keluarga Mark Messick, dikutip dari Duke Health, anggapan ini tidak berdasar.

Menurut Messick, bahaya terbesar langsung berenang setelah makan adalah kram minor.

Lantas, dari manakah anggapan semacam ini muncul?

Diduga karena Buku Panduan Pramuka

Sejak makanan disantap sampai meninggalkan perut, prosesnya kira-kira berlangsung empat jam. Merujuk Encyclopaedia Britannica, selama periode ini oksigen dan energi dicurahkan untuk pencernaan dan menjauhkannya dari fungsi lain seperti bergerak atau menghilangkan asam laktat yang menumpuk di otot saat berolahraga.

Meski begitu, mengalami kram perut saat berolahraga kemungkinannya sangat kecil, terlepas dari kapan seorang perenang terakhir makan.

Ilmu Kedokteran sejak lama memperdebatkan kaitan antara makanan dengan tenggelam dengan makalah dari tahun 1950-an sampai seterusnya.

Salah satu kemungkinan kenapa ada anggapan semacam ini muncul adalah buku panduan Boy Scouts of America (1911) yang meyakinkan anak-anak bahwa kram akan terjadi jika berenang sebelum makanan tercerna.

Tips untuk Makan dan Berolahraga

Kembali ke Duke Health, seorang ahli nutrisi bernama Elisabetta Politi pernah memberikan beberapa tips untuk memadukan konsumsi makanan dan berolahraga secara efektif:

1. Makan untuk Mendapat Energi

Dua sampai tiga jam sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kombinasi antara karbohidrat dan protein. Karbohidrat bisa memberikan energi. Sementara, protein akan menopang energi itu.

2. Makan sebelum Berolahraga

Makan sebelum berolahraga sebetulnya adalah cara untuk memberi bahan bakar dan supaya bisa membakar kalori lebih efektif. Jika tidak bisa makan dengan porsi besar, makan saja setengah pisang atau apel kecil supaya metabolisme bekerja.

3. Menghidrasi Tubuh

Selama berolahraga, tidak perlu mengonsumsi kalori asalkan durasinya kurang dari satu jam. Namun, jika olahraga lebih dari satu jam, maka dianjurkan meminum sesuatu yang berkalori atau makan sepotong buah untuk menjaga gula darah.



Simak Video "Intip Wisata Kolam Renang Aryakibansland Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia