Apa Itu Ilmu Ekonomi? Manfaat serta Ragam Kajiannya

Putri Tiah - detikEdu
Kamis, 24 Nov 2022 11:30 WIB
Wini memiliki pasar tradisional untuk menunjang kebutuhan warga di sana. Uniknya, Pasar Wini hanya buka di hari Senin.
Apa itu ilmu ekonomi? (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ekonomi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti segala hal yang bersangkutan dengan penghasilan, pembagian dan pemakaian barang barang dan kekayaan (keuangan).

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti, tata, aturan.

Dengan demikian secara sederhana ekonomi dalam pengertian bahasa berarti tata aturan rumah tangga seperti dikutip dari e-modul Pengantar Ilmu Ekonomi oleh Hendra Safri.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Mengutip dari buku Ilmu Ekonomi oleh Sri Kasnelly, dkk. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu perilaku individu dan juga masyarakat mengenai tindakan membuat pilihan baik itu pilihan yang berkaitan dengan uang ataupun pilihan yang tidak berkaitan dengan uang serta menggunakan sumber yang terbatas melalui beberapa pilihan alternatif yang terbaik guna menghasilkan barang dan jasa sebagai salah satu bentuk pemuas kebutuhan manusia

Pengertian lain dari ilmu ekonomi dari buku lain berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoritis) oleh Harman, S.Pd., dkk. Ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan.

Ekonomi berkenaan dengan setiap tindakan atau proses yang harus dilaksanakan untuk menciptakan barang-barang dan jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia.

Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi

Mengutip kembali dari buku Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoritis) oleh Harman, S.Pd.,dkk. Menurut Marshall ada tiga alasan ilmu ekonomi yaitu:

1. Membantu memahami dunia nyata. Karena sejumlah pertanyaan mengenai perekonomian yang mungkin membangkitkan rasa ingin tahu.

2. Membuat pikiran kita berpikir kritis dan jeli dalam melakukan kegiatan perekonomian dan memutuskan banyak keputusan ekonomi

3. Mempelajari ilmu ekonomi memberikan pemahaman lebih banyak, ketika kita memutuskan kebijakan mana yang akan didukung terkait potensi dan keterbatasan kebijakan. Sebagai pemangku kebijakan membantu memilih kebijakan yang memandu pengalokasian sumber daya masyarakat.

Ragam Kajian Ilmu Ekonomi

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Perekonomian, Investasi dan Keuangan oleh Hamdan Firmansyah dkk beberapa cabang ilmu ekonomi, yaitu:

1. Ekonomi moneter

Merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mengkaji mengenai fungsi, sifat dan juga pengaruh dari uang terhadap ekonomi. Contoh dalam kehidupan masyarakat; perbankan; inflasi; jumlah uang yang beredar di masyarakat dan suku bunga atau lembaga-lembaga keuangan lainnya.

2. Ekonomi Publik

Cabang ilmu ekonomi yang membahas dan menelaah tentang masalah ekonomi khalayak ramai. Intinya ekonomi membahas mengenai kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Contoh dalam masyarakat: kebijakan subsidi, APBN, APBD, retribusi dsb

3. Ekonomi regional

Cabang ilmu ekonomi yang membahas interaksi ekonomi antarwilayah dan proses pengembangan suatu wilayah. Contoh di kehidupan masyarakat: demografi, transportasi dan juga infrastruktur

4. Ekonomi Internasional

Cabang ilmu ekonomi yang membahas dan mengkaji mengenai kegiatan perekonomian yang terjadi antar negara dengan negara lain. contohnya: ekspor dan impor, transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antar negara, dan neraca pembayaran

5. Ekonomi Industri

Cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan diri membahas mengenai interaksi dari berbagai perusahaan di dalam sebuah industri. Termasuk membahas mengenai struktur pasar dan persaingan usaha. Contoh di kehidupan masyarakat: kinerja perusahaan dan kartel

6. Ekonomi SDM (Sumber Daya Manusia)

Cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan faktor sumber daya manusia (produksi tenaga kerja). Contoh dalam kehidupan masyarakat: produktivitas pekerja, jumlah upah minimum regional (UMR), masalah pengangguran, upah minimum dan pendidikan calon tenaga kerja

7. Ekonomi Syariah

Cabang dari ilmu ekonomi yang menerapkan sistem perekonomian yang sesuai dengan syariat agama islam dan bertujuan untuk menerapkan ekonomi islam. Contoh di kehidupan masyarakat: pokok pembahasan penghapusan riba pada perekonomian dan zakat.

8. Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Ekonomi makro cabang ilmu ekonomi yang mengkaji kondisi ekonomi suatu wilayah (kabupaten/kota, provinsi atau negara) secara komprehensif. Beberapa kajian ekonomi makro antara lain mengenai produk domestik bruto (PDB), pertumbuhan ekonomi, permintaan agregat, kesempatan kerja, stabilitas harga (inflasi), kebijakan fiskal.

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi mengkaji perilaku rumah tangga, komunitas maupun perusahaan (termasuk industri sebagai kumpulan perusahaan). Berapa dikaji mengenai suplai dan permintaan, keseimbangan pasar dan elastisitas

9. Ekonomi Pembangunan

Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari proses pembangunan di negara-negara berkembang, termasuk transisi dari negara miskin, menjadi negara berkembang dan selanjutnya menjadi negara maju. Kajian ekonomi pembangunan gabungan ekonomi, sosial, kesehatan dan pendidikan.



Simak Video "Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Capai USD 77 Miliar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia