Ide Pokok: Pengertian, Fungsi, Cara Menemukan, dan Contohnya

Putri Tiah Hadi Kusuma - detikEdu
Kamis, 24 Nov 2022 07:00 WIB
Ilustrasi contoh gaya gesek menulis atau anak belajar
Foto: Getty Images/iStockphoto/Hakase_/Ilustrasi Ide Pokok: Pengertian, Fungsi, Cara Menemukan, dan Contohnya
Jakarta -

Ide pokok atau gagasan utama adalah gagasan yang mendasari penulisan sebuah paragraf. Ide pokok inilah yang kemudian dikembangkan lagi oleh ide pendukung/ide penjelas sehingga menjadi suatu paragraf yang utuh. Demikian dikutip dari Top Book SMP Kelas VII oleh Tim Sigma.

Ide pokok dalam sebuah tulisan adalah suatu unsur yang harus ada didalamnya. Namun, untuk mengetahui ide pokok ternyata tidaklah mudah.

Simak penjelasan tentang pengertian sekaligus fungsi ide pokok, cara menentukkan, dan contoh ide pokok di dalam teks.

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam suatu paragraf atau ide pikiran yang menjiwai seluruh isi paragraf. Umumnya, ide pokok tersurat dalam paragraf, tapi tak jarang pula dalam bentuk tersirat.

Biasanya ide pokok tersurat pada bagian awal, akhir, atau juga awal dan akhir paragraf. Kuncinya adalah hal yang dibahas atau dijelaskan dalam paragraf itu. Mengutip di buku Seputar Kajian Bahasa Indonesia (Berbasis Karya Tulis Ilmiah) oleh Budi, MPdI.

Fungsi dari ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari paragraf.

Secara umum, tujuan dari ide pokok adalah mengetahui maksud dari pengarang secara garis besar. Ide-ide yang membangun keseluruhan bacaan itulah yang diincar. Gagasan yang terkandung dalam bacaan utuh adalah sebuah bangunan yang terdiri dari gagasan-gagasan kecil. Demikian diterangkan dalam buku Strategi Meningkatkan Daya Baca oleh Nurhadi

Menentukkan Ide Pokok

Mengutip di BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas V, langkah-langkah untuk menentukkan ide pokok adalah sebagai berikut:

1. Menentukkan Kalimat Utama dalam Paragraf

Cara menentukkan kalimat utama paragraf dengan membandingkan kalimat-kalimat dalam paragraf. Ide pokok diambil langsung dari kalimat utama. Selain itu, ada juga beberapa kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok

2. Menentukkan Inti dari Kalimat Utama

Untuk menemukan ide pokok paragraf, hal yang harus dipahami yaitu inti kalimat utama. Inti kalimat utama adalah satuan proporsi singkat yang terbentuk di dalam sebuah kalimat yang kompleks. Umumnya inti kalimat dibentuk oleh subjek dan predikat (S-P), atau subjek, predikat, dan objek (S-P-O)

3. Membalik Kalimat Utama atau Menyimpulkan Kalimat Utama

Mencari kalimat utama kemudian disimpulkan menjadi ide pokok dapat dilakukan dengan cara membalik kalimat utama.

Contoh:

Kalimat utama : buah kelapa memiliki banyak manfaat

Ide pokok:

  • Manfaat buah kelapa
  • Berbagai manfaat buah kelapa
  • Khasiat buah kelapa

4. Menyimpulkan Isi Paragraf

Apabila tidak bisa menyimpulkan kalimat utama, maka dapat menentukkan ide pokok dengan menyimpulkan isi paragraf

Contoh Ide Pokok

Berikut contoh teks dengan ide pokok yang terletak pada awal dan akhir paragraf, dikutip dari buku Strategi Meningkatkan Daya Baca oleh Nurhadi:

Hanya sebagian kecil orang Indonesia yang makan dan membeli daging impor. Kebanyakan mereka membeli dan makan daging lokal yang bebas BSE karena sapi lokal tidak mengonsumsi pakan impor. Orang Indonesia mengonsumsi daging tidak lebih dari 3 kg per tahun per orang. Sangat kecil kuantitasnya. Kita lebih suka makan daging ayam dan ikan dibandingkan makan daging sapi. Jadi kita tidak perlu takut mengonsumsi daging sapi, kecuali mengonsumsi daging impor yang diduga tercemar.



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia