Ledakan Penduduk: Pengertian, Dampak serta Cara Mengatasinya

Cicin Yulianti - detikEdu
Rabu, 23 Nov 2022 14:00 WIB
Sejumlah warga beraktivitas di kawasan kolong Tol Wiyoto Wiyono, Papanggo, Jakarta Utara, Rabu (17/3). Menurut data BPS jumlah warga miskin di Indonesia meningkat lebih dari 2,7 juta jiwa akibat pandemi COVID-19.
Ledakan penduduk yang tak tertangani menimbulkan kantong-kantong kemiskinan di perkotaan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Masalah kependudukan menjadi salah satu masalah yang cukup berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat suatu negara. Salah satu masalah kependudukan yang rata-rata terjadi di negara berkembang adalah ledakan penduduk.

Bagaimana tidak, penduduk di negara-negara berkembang salah satunya Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kenaikan angka kelahiran dan pernikahan yang terjadi setiap tahun akan menyebabkan ledakan penduduk.

Selain itu, ledakan penduduk yang terjadi di daerah yang tidak merata dapat menimbulkan berbagai macam masalah mulai pada aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya.

Pengertian Ledakan Penduduk

Dijelaskan dalam buku Pengetahuan Sosial Geografi SMP Kelas 2 oleh Idianto (2007), ledakan penduduk adalah pertumbuhan penduduk yang terjadi sangat cepat. Ledakan penduduk tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang namun hampir oleh seluruh negara di dunia.

Pada beberapa negara maju, masalah ledakan negara telah terjadi pada beberapa dekade yang lalu. Namun pada negara berkembang, ledakan penduduk masih terjadi hingga saat ini. Oleh karena itu, ledakan penduduk masih menjadi hal yang perlu ditanggulangi oleh beberapa negara berkembang.

Menurut Robert Thomas Malthus dalam teorinya yang dinamakan Teori Kependudukan Malthus,setiap individu membutuhkan nafsu seksual yang selalu dirasakan selama manusia hidup. Sehingga, jika hal tersebut tidak diimbangi dengan pemahaman tentang buruknya akibat dari ledakan penduduk, maka akan banyak masyarakat yang memiliki anak lebih dari dua.

Ledakan penduduk secara umum terjadi karena faktor kesejahteraan penduduk suatu wilayah atau tingginya derajat kesehatan. Saat kesejahteraan masyarakat tinggi, misalnya yang berhubungan dengan daya beli ataupun kesehatan, maka angka kematian pun akan menurun.

Dampak Ledakan Penduduk

Mengutip buku Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi untuk SMP dan MTs Kelas VIII 2 oleh Sri Hayati dkk (2008), berikut dampak dari terjadinya ledakan penduduk adalah:

  • Ledakan penduduk yang tidak seimbang dengan fasilitas atau kelengkapan sarana dan prasarana umum akan mengakibatkan pemukiman warga menjadi kumuh, terlebih di daerah padat penduduk seperti perkotaan atau gang.
  • Ledakan penduduk yang tidak seimbang dengan ketersediaan pangan dapat menimbulkan kelaparan dan kekurangan gizi.
  • Ledakan penduduk pun dapat menyebabkan kerusakan lingkungan karena besar pula potensi masyarakat yang mengambil kekayaan alam.
  • Ledakan penduduk yang tidak seimbang dengan peluang kerja dapat menyebabkan tingginya angka pengangguran juga. Jika angka pengangguran tinggi, maka angka kejahatan pun biasanya akan meningkat juga.

Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Ledakan penduduk harus diatasi untuk mencegah banyak hal terjadi tidak sejalan. Berikut beberapa upaya untuk mengatasi ledakan penduduk:

  • Sosialisasi kepada anak muda hingga orang dewasa terkait program kecil bahagia
  • Sosialisasi terkait usia matang pernikahan untuk mencegah banyaknya pasangan di bawah usia dan menekan potensi tingginya angka kelahiran di usia dini
  • Sosialisasi terhadap pasangan-pasangan untuk menggunakan alat kontrasepsi bagi yang telah memiliki dua anak atau lebih


Simak Video "Pemerintah Alokasi Rp 4 Triliun untuk Registrasi Data Sosial Penduduk"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia